Ad by Google

18 April 2016

Pentil Ban untuk Membuat Mainan Airsoft Gun PVC

Satu setengah tahun tidak posting artikel di blog PVCairsoftgun, akhirnya kami sempatkan untuk menulis mengenai PENTIL ban. Walaupun sudah menulis artikel Panduan Ringkas Membuat Airsoft Gun Pipa PVC yang kami rasa cukup lengkap dan jelas, namun pada kenyataannya masih ada beberapa pembaca yang menanyakan hal-hal mendasar, misalnya:
"mas, mau tanya dimana ya beli pentil ban / tire valve? kok jarang yang jual ya mas , saya dulu pernah coba buat tapi sampai nyobek pentil ban nya mobil yg udah gak terpakai, kan juga hasilnya gampang bocor, trima kasih"
"gan, kalo pentil ban motornya diganti pake pentil yang ada di ban berenang atau di pelampung bisa gk? :v
mohon dibales ya min :v "


Berdasarkan pengalaman, kami menyarankan untuk menggunakan tire valve atau pentil ban tipe schrader yang umum digunakan pada ban mobil dan motor yang lebih sesuai dengan kebanyakan pompa.

tire valve untuk pvc airsoft gun
A. Pentil dari bekas ban dalam motor, B. Pentil ban tubeless dengan mur, C. Pentil tubeless karet tanpa mur.
Jika pentil akan dipasang pada bagian keran atau pipa dengan diameter kecil (1/2 - 1 1/4 inch) maka model A (dari ban bekas) akan lebih mudah, dipasang dari luar. Pemasangan sebaiknya menggunakan lem epoxy dan pentil diberi guratan menggunakan gergaji besi agar lem menempel lebih kuat. Pentil model B juga dapat digunakan dengan cara membuang bagian pangkal yang berbentuk seperti piringan, sedangkan pentil model  C perlu dibuang karetnya.

Jika pentil akan dipasang pada End Cap atau Dop pipa PVC, maka model B dan C akan lebih praktis karena tinggal membuatkan lubang yang cukup ketat dan memasukkan pentil ban dari dalam. Pemberian lem dapat dilakukan untuk menambah kekuatan, tetapi tidak mutlak.

Selamat berkreasi dengan aman. Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

1 comment:

  1. Mas airsofgun saya patah pentilx belinya dmna mas tolong infox.trims

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com