27 June 2013

Melanjutkan Proyek PVC Airsoft Gun Multi Shot

Mengerjakan project Do It Yourself airsoft gun dari pipa PVC memang mengasyikkan dan membuat ketagihan :-) Tidak puas dengan menyelesaikan DUCKgunov ver 1.0, kami melanjutkan dengan project DUCKgunov Ver 2.0 dengan target dapat menjadi sebuah unit home made airsoft dengan kemampuan multishot. Walaupun rancangan kami belum menunjukkan hasil yang memuaskan sebagai unit airsoft multishot dengan power output yang stabil untuk melontarkan proyektil BB 6mm, namun kami tidak menyerah begitu saja.

Volume air chamber sekunder (ruangan diantara 2 keran) yang kurang besar membuat shot ke dua dan seterusnya terasa sangat kurang bertenaga dibanding shot pertama. Rencana perbaikan adalah dengan memperbesar volume tabung di antara kedua keran (keran pengisi dan keran pemicu). Volume air chamber sekunder yang semakin besar tentu akan mengurangi jumlah shot, sehingga mungkin diperlukan perbesaran air chamber primer. Alternatif lain adalah menghubungkan katup pengisi (pentil) dengan tabung angin atau kompresor angin.

Lalu bagaimana dengan DUCKgunov ver 2.0 yang sudah 'terlanjur' dibuat? Kami tidak menganggapnya sebagai produk gagal. Alih-alih membongkar untuk memanfaatkan bagian-bagiannya, kami melakukan improvisasi dengan memanfaatkan keran pengisi sebagai safety feature. Cara kerja yang sangat sederhana, ketika keran ditutup maka keran picu tidak akan mendapatkan pasokan udara bertekanan sehingga senapan tidak berfungsi.

Dengan pistol grip seperti ini, DUCKgunov ver 2.0 tampak cukup keren bukan? :-)

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

37 comments:

  1. Hallo mas, saya pernah lihat di youtube ada orang bule bikin airsoft gun yang seperti machine gun. Tapi dia pake tabung co2 , yg lainnya kayaknya cuma barang untuk naroh bb nya. Coba aja cari di youtube. Oh iya gan, sekalian saya mau nanya, kalo airsoftgun yg pake botol itu cuma bisa 1 kali tembak kan, setelah itu harus isi angin lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airsoft seperti machine gun pada prinsipnya dapat dibuat asal punya sumber udara bertekanan, bisa pakai kompressor atau co2. Mekanisme utama ada pada sebuah komponen yang disebut 'vortex block', berfungsi membuat aliran udara bertekanan yang berputar sehingga bisa 'mengajak' bb plastik ikut mengalir keluar melalui laras.
      Kalau pakai botol cuma 1 kali tembak, sama dengan cara kerja senapan angin. Dengan menambahkan pompa kecil sepeda, maka akan lebih praktis. Atau dengan menenteng tabung angin kecil, bisa untuk sniper :-)

      Delete
    2. mau nanya tempat masukin pelurunya gmna bikinya tuh si foto gk jelas

      Delete
    3. Untuk 'orang kutai' silakan kirim email ke pvcairsoftgun@gmail.com, bagian mana yang kurang jelas.

      Delete
  2. gan ini saya naufal.

    gan, agan ada inspiraasi untuk bikin pvc airsoftgun cuman pakek gas co2 bukan pakek angin bertekanan tinggi?
    bisa gk kira kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut kami penggunaan gas co2 dengan airsoft gun pipa pvc perlu dipertimbangkan dengan bijak karena beberapa hal:
      1. CO2 disimpan dalam bentuk cair dan memiliki tekanan yang tinggi saat berubah menjadi gas, menurut sebuah sumber dapat mencapa 850 psi. Hal ini melebihi kemampuan pipa PVC menahan tekanan. Harus sangat hati-hati.
      2. Biaya menggunakan CO2 sebagai sumber tenaga pendorong priyektil akan lebih mahal (harga Co2 per tabung, harga regulator, dll)
      Namun jika sudah memiliki tabung CO2 lengkap dengan regulator yang mampu memberikan tekanan output yang sesuai (60-120 psi) menurut kami cukup menjanjikan untuk membuat pvc airsoft gun yang multishot :-)

      Delete
  3. maaf mas, saya heran melihat dan mmbaca di artikel2 sbelumny.
    Krna, di percobaan mas sbelumnya, saya lihat airsoft gun ny mnggunakan 1 keran.
    Tp, knp yng image ini mnggunakan 2 keran.

    Saya tertarik untk mncobany, tp sya msh bngung, apa fungsi dan kegunaan keran pertama dan kedua.
    Krn, kran yng handle merah, setau saya saat di putar sangt keras.
    pasti, arah bidikan akan lari saat di buka anginny mlalu kran yng handle merah.

    Trus, apa kegunaan kran yng handle Hijau...?
    Bsa di jelskan scara detai mas...?

    mohon pnjelasanny mas.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas perhatian yang diberikan... Ide awal desain kami tersebut adalah membuat unit yang dapat digunakan untuk menembakkan bb plastik 6 mm beberapa kali setelah tabung utama diisi penuh (multi shot)
      Setelah kami praktekkan ternyata hasilnya kurang optimal, hipotesa: 1. volume tabung kurang besar, 2. tekanan tabung kurang tinggi.
      'Stop kran' plastik seperti yagn berwarna merah umumnya memang keras saat dibuka (kecuali yang memiliki bagian ball dari logam.
      Fungsi keran merah adalah untuk mengalirkan udara bertekanan dari tabung utama ke tabung sekunder (ruang antara 2 keran) sedangkan keran hijau berfungsi sebagai picu.
      Menurut kami desain tersebut masih cukup menjanjikan untuk dipakai jika unit 'homemade airsoft' kita terhubung dengan sumber udara yang kontinyu, misalnya kompresor.
      Selamat berkreasi. Salam.

      Delete
  4. Gan,ini saya naufal.
    Gan kalok yg co2 kalok semuanya pakek alumunium gk pakek pvc bisa gk?
    Dan keran valvenya cemana?
    Kan co2nya cair terus unruk ngerubah menjadi gasnya bagaimana?
    Gan carii link tentang airsoftgunco2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan Naufal,
      Material aluminium tentu dapat diharapkan memiliki kekuatan lebih besar menahan tekanan, namun pengerjaannya relatif lebih membutuhkan usaha :-) penyambungan menggunakan aluminium menggunakan las tidak mudah. dapat dicoba menggunakan lem besi (plastic steel). lem jenis tersebut ditulis pada kemasan mampu menahan tekanan hingga diatas 1000 psi, namun tentu tergantung pada banyak hal. harap selalu berhati-hati karena bermain-main dengan tekanan yang tinggi. kami tidak bertanggung jawab atas resiko cedera. material alternatif yang lain adalah kuningan atau tembaga yang bisa disambung dengan teknik pengelasan / brazing.

      Keran dapat menggunakan yang berbahan logam juga untuk kekuatan.

      CO2 otomatis akan berubah menjadi gas saat dilepaskan ke udara bebas, dengan memberikan tekanan yang cukup tinggi. jadi tiggal memasukkan sedikit porsi C02 cair ke sebuah expanding chamber. pernah minum soft drink bukan? itu isinya kan CO2 gan.

      selain CO2, juga dapat menggunakan tabung angin. yang penting bisa memberikan suplai udara bertekanan cukup. tidak perlu terlalu tinggi untuk airsoft gun karena proyektil plastik bb 6mm kan cukup ringan, umumnya 0.20 gram.

      ini link yang menurut kami sangat menarik dijadikan referensi :-)

      http://www.spudfiles.com/forums/building-a-airsoft-sniper-rifle-t24498,start,30.html

      Delete
  5. Gan foto yg di web itu, bisa mintak di jelasin?
    Gan pemicunya yg di web itu cemana itu gan?

    Terima kasihnatas jawaban yg sebelumnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada awal tulisan artikel, sang pemilik menyebutkan dia menggunakan QEV (Quick Exhaust Valve) ukuran 1/4. Cara bekerjanya kurang lebih dengan 'membocorkan' sedikit gas/udara melalui katup pilot (pilot valve) yang akan membuka katup utama (main valve).
      Kami belum pernah menggunakan mekanisme ini dan dari sisi kepraktisan lebih suka menggunakan keran (ball valve) walaupun kurang terlihat canggih :-)
      http://www.spudfiles.com/forums/viewtopic,p,364353.html#364353
      Berharap penggunaan mekanisme QEV dapat menjadi proyek kami berikutnya :-)

      Referensi mengenai QEV
      http://commons.wikimedia.org/wiki/File:QEV.gif
      http://www.youtube.com/watch?v=C-zHW69Y6qg

      Delete
  6. Gan itu sistem senapan co2 kayak manaya?

    Apa mungkin gas co2 di masukkan lewat selang ke tabung yg kecil,panjang di sebelah kiri letaknya. setelah di masukkan ke tabung kecil baru di salurkan ke laras.

    Apa kayak gitu gan?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip sederhananya adalah tabung co2 maupun high pressure air meyediakan udara bertekanan tertentu, diatur melalui regulator.
      Pada video http://www.youtube.com/watch?v=h9squDGZ-0M&feature=player_embedded#at=77 dapat dilihat udara bertekanan (6-7 bar = 90 - 100 psi) tersebut dimasukkan dan ditampung ke dalam chamber berupa pipa aluminium di sebelah kiri senapan. Di ujungnya dipasang pentil (tire valve) untuk membuang tekanan udara jika tidak jadi menembak (cancel cocking).
      Selanjutnya udara dari chamber di trigger menggunakan sebuah katup QEV.

      Kalau mau cara yang sederhana dan murah :-) Anda dapat menggunakan 2 buah keran: 1 untuk refill, 1 untuk trigger. Tinggal mencari keran yang nyaman dioperasikan, diberi pegas agar dapat menutup sendiri.

      Investasi yang besar adalah untuk menyediakan tabung CO2 ataupun High Pressure Air beserta regulatornya :-)

      Selamat berkreasi. Salam

      Delete
  7. Gan kalok sistem ngisi peluru otonatisnya tuh gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba sistem magasin sederhana seperti berikut:
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=191358991038971&set=p.191358991038971&type=1
      Di bagian bawag diberi pegas agar BB plastik 6mm bisa naik ke bagian T.
      Salam kreatif

      Delete
  8. gan benda nya gua g ngerti ap aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar komponen yang diperlukan kurnag lebih seperti pada artikel kami http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/09/harga-bahan-untuk-airsoft-gun-pipa-pvc.html Jika ada pertanyaan lebih jauh, kami usahakan untuk membantu gan :-)

      Delete
  9. Maaf mas, jarak tembaknya(tenaga nya) bisa brapa meter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkauan tentu sangat dipengaruhi tekanan yang digunakan, tingkat kebocoran kompresi di dalam laras dan berat proyektil yang digunakan. Airsoftgun menggunakan proyektil bola plastik berdiameter 6mm, dengan berat yang biasa digunakan 0.2 gram. jangkauan 30m, kurang lebih.

      Delete
  10. 1 pvcairsoft abis brapa mas, saya dirumah ada pompa kecil panjang 25cm kira-kalo langsung disambung dengan senapan oke ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. estimasi 100 ribu kalau semua bahan harus beli, pompa kecil disambung langsung juga bisa, asal teliti saat pengeleman. kalau bahan pompa dari jenis plastik, berdasar pengalaman tidak dapat menyatu dengan lem pvc, jadi harus pakai lem epoxy atau superglue. salam kreatif

      Delete
  11. Masukan darisaya untuk tabung biar bisa nahan tekanan tinggi pake tabung pemadam api yg kecil aja trus di bor dikasih valve valve yang seperlunya mompanya bisa pake pompaan sepedah ko pake aja valva ban dalem yg buat ban tubeless untuk nyambungin nyambungin pake aja kabel hidrolik emmang pasti lebih mahal tapi kalo ngomongin kualitas sih 11 12 sama benjamin punya trigger mechaismnya pake QEV (quick exhaust valve) emang susah dicari tapi pasti lebih enak pas dipakenya trus kalo barrel pake panah aluminum aja lebih kuat gg pake las segala juga bisa pake epoxy aja dan reload mechaismnya pake double pipe bolt action aja biar gg ribet pake magazine atau masukin satu satu dari depan barrel pelurunya pake yg aluminum aja ada kok peluru airsoft yg aluminum 6mm dan belakang barrel di lem magnet biar peluru yg udah masuk ggkeluar lagi kecuali pas ditembakin buat accesories paling scope, bipod, sama laser aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsepnya keren gan. masukan, kalau BB pakai aluminum maka diberi magnet tidak akan tertahan, jadi bisa dibuatkan semaca karet yang agak 'ngepas' dengan bb. salam kreatif.

      Delete
  12. Anonymous bisa lebih detail lagi infonya atau kalau ada link website yang punya gambar lengkap,biar bisa di terapkan/di praktekan.

    Thanks

    ReplyDelete
  13. Permisi numpang tanya gan. Saya bagus, itu kalo keran merahnya cuma satu bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keran merah cuma 1 bisa, sebagai trigger mechanism. tapi ngga multi shot. atau kalau disambugkan dengan tabung kompressor bisa dicoba bikin sekat antara tabung primer dan sekunder (mengganti posisi keran belakang) dan sekat tersebut dibuat bocor halus, jadi setelah ditembakkan lalu keran ditutup lagi maka tabung sekunder akan penuh lagi dengan tekanan setara dengan tabung primer dan kompressor :-) salam kreatif

      Delete
  14. Kalo mau bagus harus pake QEV. reservoir/tabung pake ABS. Sama kayaknya barrelnya kalau besar seperti itu ga akan bisa stabil dan efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba pakai QEV, secara teori sih lebih efektif, tinggal bagaimana merangkai menjadi unit yang enak digukan. barrel pakai standar untuk airsoft atau yang mendekati, karena menyesuaikan proyektil. salam kreatif

      Delete
  15. maaf gan mau tanya kalo 100 psi bisa berapa x tembakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 psi bisa dihabiskan untuk 1 kali shot, atau kalau dibuat mekanismemulti shot akan sangat tergantung kepada volume tabung utama (primer) dan tabung sekundernya. misal tabung utama 1000 ml, lalu tabung sekunder 20ml dengan tekanan 100psi mungkin masih bisa 10 kali shot dengan tekanan yang masih cukup stabil. semakin lama akan semakin menurun tekanannya.
      salam kreatif

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Model nya keren-keren ya Bos...sebenarnya pingin ngembangkan usaha saya ke jual beli airsoft guns..tapi kurang pengalaman sih tentang mainan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. marketnya menurut saya berbeda, bos. salam kenal

      Delete
  18. Maaf gan saya memang belum berpengalaman tapi, jika pendorongnya pakai pompa kecil gimana ya. Trus tolong dibuatin lagi blog nya biar jelas dan bisa di praktekin

    #salam_crafter

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya pompa kecilnya disambungkan langsung ke pipa PVC? bisa kok

      Delete
  19. Numpang ide kreatif

    http://vahiywinandar.blogspot.co.id/2015/12/alcoholmethanol-pistol-homemade.html

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com