Ad by Google

12 July 2013

Panduan Ringkas Membuat Airsoft Gun Pipa PVC

Beberapa pembaca menanyakan cara membuat airsoft gun pipa PVC bahkan minta dalam bentuk video di Youtube. Kami berusaha untuk membantu walaupun tidak terlalu detail karena keterbatasan waktu dan sumber daya :-)

Agar lebih mudah diikuti, kami akan menggukan desain yang paling sederhana yang selanjutnya kami kembangkan menjadi DUCKgunov ver 1.0. Prinsip kerja dasar desain tersebut dapat dilihat dalam artikel yang sudah kami tulis sebelumnya http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/02/airsoft-gun-pipa-pvc-gambaran-lebih.html






Basic design tersebut kami wujudkan menjadi sebuah prototype, sebagai berikut:




Agar penampilan dan kemampuan unit airsoft DIY kami meningkat, maka dilakukan sedikit perubahan menjadi DUVKgunov ver 1.0:





Material yang kami gunakan adalah sebagai berikut:

Air chamber

  • Pipa PVC ukuran 1-1/4 inch
  • Reducer Socket ukuran 1-1/4 x 1/2 inch 
  • End cap ukuran 1-1/4 inch
Grip & air inlet
  • 1 buah 'Tee' PVC 1/2 inch --> pistol grip
  •  Pipa PVC 1/2 inch --> 5cm
  • 1 buah 'Cap' PVC --> pistol grip
  • 1 buah valve / pentil bekas ban sepeda gunung/ motor --> air intake
Trigger (picu) 
  • 1 buah ball valve / keran plastik  --> trigger / picu
 Breech (untuk me-loading proyektil BB 6mm)
  • 1 buah 'Tee' PVC 1/2 inch --> breech / loading slot
  • 1 batang PVC 1/2 inch sesuai kebutuhan atau menyesuaikan panjang laras --> shroud
  • 2 buah 'Socket' PVC --> accesories 
 Alat & Bahan tambahan

  • Gergaji
  • Kikir
  • Bor (dapat diganti dengan paku atau obeng yang dipanaskan, untuk membuat lubang)
  • Sand paper / ampelas
  • Pensil / spidol
  • Penggaris / meteran
  • 1 kaleng lem PVC

Bagian-bagian unit homemade airsoft yang akan kita bahas adalah sebagai berikut:


Bahan air chamber dari kanan ke kiri: End cap (dop) 1-1/4 inch, pipa PVC 1-1/4, reducer socket 1-1/4 x 1/2 inch.

Bahan pistol gripdari kanan ke kiri: tire valve (pentil ban motor), end cap 1/2 inch, pipa 1/2 inch, tee 1/2 inch. Pistol grip ini dihubungkan dengan keran yang berfungsi sebagai trigger. Kami memasang keran agak condong ke kiri agar lebih nyaman saat menarik. Silakan memilih posisi yang sesuai dengan selera.
 
Breech dibuat dari tee PVC 1/2 inch. Di sinilah tempat mengisikan proyektil BB 6mm. Potong tee menggunakan gergaji dan bor, jangan lupa buat potongan untuk mengunci laras. Bagian breech ini akan terhubung dengan keran pemicu dan pipa 1/2 inch yang berfungsi sebagai shroud (srombong) laras/barrel.



Sampai pada tahap ini, struktur dasar unit airsoft rumahan kita sudah lengkap. Sebelum di-lem silakan berpura-pura membidik menggunakan pipa dan aneka socket yang sudah dirangkai tadi. Anda dapat menyesuaikan panjang pendek pipa agar handling terasa nyaman.

Jika ukuran dan posisi dirasa sudah pas, silakan menyambung setiap bagian mengguakan lem PVC, dan biarkan mengering secara sempurna. Setelah lem benar-benar mengering silakan mengisikan udara menggunakan pompa untuk menguji apakah ada kebocoran sambungan.

Laras
Pada dasarnya laras bisa dibuat menggunakan pipa apa saja yang berbentuk bulat sempurna. Namun karena kita akan membuat sebuah airsoft gun maka akan lebih optimal jika menggunakan laras bekas airsoft gun. Laras airsoft mempunyai diameter bagian dalam sebesar 6mm, sesuai dengan ukuran proyektil BB yang digunakan. Bagaimana jika ukuran laras lebih besar? Proyektil tetap dapat meluncur, namun lajunya akan lebih lambat karena terjadi kebocoran atau kerugian kompresi. Kami juga sudah pernah membuat artikel mengenai cara merangkai laras.

Inner barrel dibungkus cellotape (selotip) agar dapar masuk dan tepat di tengah pipa yang digunakan sebagai outer barrel.


Susunan laras dari dalam ke luar: inner barrel airsoft gun 6 mm, gulungan cellotape di kedua ujung dan bagian tengah, pipa aluminum / besi yang sesuai dengan diameter dalam pipa PVC 1/2 inch, pipa PVC 1/2 inch.


Laras bisa maju mundur di dalam shroud pipa PVC 1/2 inch, berfungsi untuk memasukkan BB 6mm

Pada bagian breech, dipasang clamp pada laras untuk pegangan saat mendorong laras maju-mundur dan untuk mengunci pada breech.


Unit airsoft buatan sendiri Anda sudah siap dicoba. Lakukan ritual sebagai berikut:
  1. Tutup keran picu
  2. Pasang pompa
  3. Pompa beberapa kali hingga tekanan mencukupi (sekitar 60 psi)
  4. Dorong laras maju
  5. Isikan BB 6mm
  6. Dorong laras mundur lalu kunci
  7. Bidik sasaran, tutup satu mata :-p
  8. Buka keran picu dengan cepat tapi tidak banyak membuat adah bidikan berubah.



Harap diingat, bahwa kecepatan 'terbang' BB plastik 6mm dapat mencapai 400fps sehingga harus berhati-hati memperlakukan airsoft gun. Fokus kita adalah kesenangan, jadi keamanan harus menjadi hal utama. Mencederai orang lain dapat tentu mengakibatkan konsekuensi hukum

.


Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

120 comments:

  1. Hallo gan, saya mau tanya nih :

    1. Kalau ukuran air chamber itu kira2x berapa ya?
    2 . Apakah pompa airsoftgun diy bisa pakai semprotan baygon?
    3. Apakah peluru airsoft gun diy bisa diganti, Apakah bisa pakai peluru lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ukuran volume? kira2 5OOml, tergantung kebutuhan sebetulnya. semakin besar semakin repot memompa untuk dapat tekanan yang cukup tinggi.
      2. pompa semprotan nyamuk belum pernah coba, menurut kami lebih mudah pakai pompa sepeda, ada yang kecil & ringkas bukan?
      3. proyektil bisa saja diganti, misalnya pakai lilin mainan dibuat bola2 kecil, atau adonan kue :-)
      selamat berkreasi..

      Delete
  2. salam kenalgan namasaya naufal. gan saya mau nanyak gan itu breechnya kan TEE nya dibolongin separuh terus itu gk ditutupgan ?
    saya kurangpaham dengan breechnya gan, tolong di fotoin dong gan.

    TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, Gan Naufal. Terima kasih atas perhatian yang diberikan. Betul sekali breech dapat dibuat dari Tee PVC yang dipotong bagian atas. Agar lebih jelas silakan baca artikel baru kami sebagai respon pertanyaan Anda: http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html Selamat berkreasi.

      Delete
  3. gimana supaya saat selelsai nembak ga perlu masang kompa terima kasih itu saja saya mau ngeliat desainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda dapat menyambungkan senapan pipa pvc dengan tabung angin atau bahkan kompresor, bukan? Selamat bereksperimen.

      Delete
    2. Contok applikasi yang sederhana seperti terlihat pada web berikut http://midnightstudio.org/marshmallowshooter
      Dibuat untuk menembakkan makanan 'marshmallow' namun tentu dapat diadaptasi untuk menembakkan bb airsoft 6mm dari plastik yang jauh lebih ringan :-)

      Delete
    3. Anda juga dapat menggunakan pompa sepeda portable yang banyak tersedia di toko sepeda maupun supermarket besar.
      Silakan lihat penampakannya di artikele terbaru kami:
      http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/pompa-portable-airsoft-gun-pvc.html
      Salam kreatif...

      Delete
  4. Replies
    1. Estimasi harga bahan yang sering kami pakai dapat dilihat di artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/09/harga-bahan-untuk-airsoft-gun-pipa-pvc.html
      Salam kreatif

      Delete
  5. Replies
    1. Silakan mempelajari desain yang lebih rumit (tidak terlalu rumit juga sebetulnya) http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html

      Delete
  6. om bisa berapa harga semua barang yang digunakan ???? ( bukan alat dan bahan )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estimasi harga bahan dapat dilihat di artikel berikut ini: http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/09/harga-bahan-untuk-airsoft-gun-pipa-pvc.html
      Salam kreatif

      Delete
  7. asalammualaikum.....saya ingin bertanya
    inner barrel dengan out barrel berapa inch

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sambungan soalan saya di atas...
      kalau tidak menggunakan barrel tetapi diganti dengan pipa pvc adakah boleh digunakan

      Delete
    2. Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
      Pada contoh di atas inner barrel menggunakan laras airsogtgun, diameter lubang pipa 6mm. Outer barrel menggunakan pipa logam yang bisa masuk ke dalam pipa PVC 1/2 inch dengan pas. Pada dasarnya, pipa apa saja dapat digunakan dengan catatan ukuran proyektil menyesuaikan diameter dalam.
      Semoga membantu, salam kreatif.

      Delete
  8. pekalongan rifky31 October, 2013 20:59

    Hadeh gan,pusing saya bikinnya. Kalo pesen di agan bisa ga?
    Kalo bisa harga a berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat jawab pertanyaan Anda...
      Ga perlu pusing Gan, kalau dipelajari sebenarnya sangat sederhana kok. Kalau mau pesen bisa dibantu juga, tinggal ganti biaya bahan plus biaya jasa dan ongkos kirim :-) estimasi harga bahan dapat dibaca pada artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/09/harga-bahan-untuk-airsoft-gun-pipa-pvc.html

      Delete
  9. kayaknya susah susah gampng?yg bikin susah nyari laras yg sesuai dngn proyektil yg akn d gunakn tlng ksh sran laran yg mudah d pke mungkn ggng pnyung bsa kali y tp proyktilnya yg hrus ngikutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pipa bekas gagang payung atau antena TV dapat digunakan untuk percobaan, proyektil dapat menggunakan potongan kentang, ubi, buah dll. Namun jika ingin menggunakan proyektil BB plastik 6mm (standar untuk airsoft) Anda dapat menggunakan inner barrel bekas mainan yang sudah rusak. Bisa juga dicoba mencari sedotan plastik yang ukurannya pas :-) Selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
    2. Barangkali mau mencoba laras dari sedotan plastik :-) pvcairsoftgun.blogspot.com/2014/01/laras-alternatif-untuk-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  10. Gan Kok senapan ku kecaptan lambat padahal sudah di pompa sampai 60 psi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman kami, dengan tekanan 60psi masih laju BB cukup cepat >> http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/05/test-homemade-airsoft-gun.html
      Sebagai pembanding silakan anda menggunakan kaleng softdrink untuk melakukan test sederhana >>
      http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/05/chronograph-murah-meriah-dari-kaleng.html
      Laju proyektil setidakny7ya dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini:
      - Tekanan udara dalam tabung (air chamber). Semakin tinggi tekanan, secara umum laju proyektil akan makin cepat, sampai batas tertentu. Perhatikan kemampuan maksimal tabung juga. Safety first, please!
      - Berapa banyak kebocoran kompresi yang terjadi. Selisih ukuran laras dengan proyektil dapat meningkatkan kebocoran dan mengurangi laju proyektil secara signifikan.
      - Ukuran dan berat proyektil yang digunakan. Semakin besar maka hambatan udara semakin besar, laju dapat berkurang. Semakin berat, tentu semakin lambat. Bentuk proyektil (kotak, bola, acak, kerucut dll) juga berpengaruh pada lajunya
      Silakan kirimkan foto dan data senapan mainan yang anda buat, barangkali kami dapat memberikan masukan.
      Salam kreatif.

      Delete
  11. gan klau semua materialnya berukuran 3/4 bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggunakan ukuran pipa, keran dan sambungan berukuran 3/4 tentu saja bisa. Yang agak menantangn adalah bagian laras, tentu saja tidak dapat menggunakan konfigurasi seperti yang pernah kami buat pada http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/03/inner-barrel-6mm-untuk-pvc-airsoft-gun.html
      Salam kreatif

      Delete
  12. makasih gan , atas informasinya . sangat membantu

    ... nanti coba buat ...

    Doa kan ya gan .. biar berhasil.... heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu share hasil kreatifitasnya :-)

      Delete
    2. Selamat... Boleh dong di-share hasil kreatifitasnya :-)

      Delete
    3. Share Fotonya Gimana Gan..?

      Delete
    4. Bisa diupload di FB lalu di tag, atau diemail? :-)

      Delete
    5. kunjungi Blog saya gan ...

      http://kreasiairsoftgunanakmuda.blogspot.com/

      di situ ada 2 model airsoft gun pipa PVC buatan sendiri + aksesorisnya

      Delete
    6. mantap karyanya. selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
    7. kalo incerannya saya ganti dengan laser ..gan karena bidikannya lebih akurat

      Delete
  13. Asalammualaikum

    Ane mau dibikin aja dah,
    minta dana semuanya..

    Kan kalo udah liat langsung,ane mau nyoba bikin........di tunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok langsung menyerah :-)
      Kalau mau dibantu silakan berkorespondensi via email pvcairsoftgun@gmail.com ya, agar lebih jelas dan lengkap.
      Salam kreatif

      Delete
  14. saya mau tanya nih gan ...

    Cara ngunci udara yang sudah kita isikan ke chamber itu gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udara masuk ke tabung melalui tire valve (pentil ban), dan keluarnya dikendalikan dengan keran. jadi kalau keran ditutup dan udara dipompakan maka tekanan dapat ditingkatkan. setelah dirasa cukup (misal 70psi) dan keran dibuka dengan cepat maka udara bertekanan dapam tabung akan dapat mendorong proyektil, misalnya berupa bola plastik 6mm (BB airsoft).

      Delete
  15. saran dari ane, supaya dapet tekanan tinggi saat memompa ( pake pompa sepeda ) lebih gampang pake otot perut, did banding pake otot lengan,pegel, ane selalu dapet 8 bar klo pke otot perut

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai otot perut memanfaatkan berat tubuh bagian atas untuk membantu menekan pompa. 8 bar equivalent 116 psi, cukup tinggi untuk senapan mainan kita :-) safety first ya. kalau berkenan silakan share hasil karyanya...

      Delete
  16. Saya dah coba bikin pake peluru paku yg sy kombinasi dg kertas dan plaster. Berhasil. 1 tokek pengganggu di rumah menggelepar tertembus kepalanya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. proyektil berbentuk 'dart' dapat digunakan, tapi harus hati-hati, safety first. kalau kena permukaan yang keras atau membentuk sudut tertentu dapat memantul. jadi pastikan area 'clear' dari orang lain yang sedang beraktifitas. btw tokeknya kalau 1 ons kan bisa dijual gan, hehe...

      Delete
    2. saya .malah biawak penggangu udah kolap saya temnak pake paku yng panjng nya sekitar "10 cm

      Delete
  17. Gan iner barrelnya pke apa ya carI di toko besi gk dapet2 ukuran 0.6 mungkin agan bisa Bantu sediakan kira2 harga berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami sedang melakukan eksperimen bahan laras airsoft alternatif, tarakhir ditest lintasan BB kacau belok ke kiri atau ke kanan. kalau sudah ketemu 'penyakitnya' akan kami infokan. salam kreatif

      Delete
    2. saya sarankan . kalo iner barel yang enak .tapi proyektilnya harung biji kacng kedelai ...
      selang gas yang udah rusak tapi masih bagus

      Delete
  18. gan bisa pesan inner barrelnya gk..?? kalo bisa inner barrel senapan angin ukuran 9mm

    ReplyDelete
    Replies
    1. inner barrel sengin kami tidak ada stok gan, cari di fb group Kosakus banyak yang jual kok. atau pakai sedotan tangkai balon, ukurannya pas (longgar sedikit sih) hehe...

      Delete
  19. kalau bisa sms ane gan di 082367235545
    atau fb di khairul abdillah...
    mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  20. Gan ada vidioe cara kerja breech

    ReplyDelete
  21. Gan mau tanya...
    Bisa kah airgun/senapan angin di isi pakai peluru BB +- 6.00/6.025 mm
    Senapan mah Airgun tapi peluru mah BB gitu bukan mimis gan...
    Bisa gak ya?
    caranya bagemana ya gan...
    thx before :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dan bisa... bingung? kalau airgun standar langsung pakai bb 6mm tentu tidak bisa karena beda ukuran laras (kaliber). clear kan? agar bisa pakai bb 6mm tentu harus ganti laras dengan yang sesuai dan mengubah breech atau loading chambernya. ini pasti tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. pertanyaan selanjutnya, diubah untuk apa? :-) power airgun untuk mendorong BB 6 mm dari bahan plastik seringan itu, kemungkinan justru membuat jalur terbangnya kacau. mau untuk milsim atau skirmish? pasti over powered. semoga dapat sedikit mencerahkan :-) salam kreatif

      Delete
  22. mas mau nanya itu bahan2 nya bisa didapat kan dimana saja, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian besar tersedia di toko bangunan, toko perkakas, toko penjual mainan anak dan memanfaatkan barang-barang bekas di rumah :-)

      Delete
  23. ass saya haby gan gimna cara membuat laras nya ga mudeng di

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsipnya sederhana: pipa yang akan digunakan untuk laras (sesuai ukuran proyektil) sebut saja pipa A, dibungkus dengan pipa B yang lebih besar. Pipa B ini dicari yang bisa masuk pas dengan pipa PVC 1/2 inch (sebut saja pipa C) agar dapat bergerak maju-mundur. Pipa A dan B yang sudah menjadi kesatuan dipasang pengunci agar dapat 'nyangkut' di pipa C. Kalau masih ada yang kurang jelas silakan ditanyakan lagi gan. Salam kreatif

      Delete
  24. Replies
    1. sama-sama, selamat berkreasi dengan aman

      Delete
  25. mas itu beli klem yang ada pegangan tangan belinya dimana ya.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat balas. klem yang ada pegangan di supermarket sering ada kok, bagian spare part kompor gas.
      salam kreatif

      Delete
  26. mas , mau tanya dimana ya beli pentil ban / tire valve ? kok jarang yang jual ya mas , saya dulu pernah coba buat tapi sampai nyobek pentil ban nya mobil yg udah gak terpakai , kan juga hasilnya gampang bocor, trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pentil atau tire valve bekas dari ban kami juga pernah pakai, baik2 saja kok. triknya diberi goresan agak dalam pakai gergaji besi atau kikir, lalu dipasang pakai lem epoxy.
      kalau beli bisa cari pentil tubeless di tukang tambal ban atau toko onderdil motor/mobil.
      salam kreatif

      Delete
  27. gan kok punyaku nggak bisa melontarkan plurunya ya..? tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek apakah ada kebocoran, lalu keran apakah cukup ringan dibuka. salam kreatif

      Delete
  28. Keren..tpi masih bingung..mas mau tanya.klo air barelnya di ganti pke karet ban dalam mobil hasil tekanan udaranya gmna mas..?? Terus dari kranya ke laras pke alat atau lubang nggak mas.. Ko udaranya kluar/bocor trus ya mas.? Bagian dari laras minta contoh foto2nya dong mas..salam kreatif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. air barrel pakai karet ban menurut saya kuran efektif, karena dia akan mengembang seiring dengan jumlah udara yang dipompakan ke dalamnya. pakai pipa pvc atau botol soda saja kalau mau experimen. Dari keran dipasang mati ke laras bisa, isi proyektil dari depan seperti meriam jadul. atau diberi mekanisme pengisian seperti artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.co.id/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html

      untuk bagian laras bisa dibaca di artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.co.id/2013/03/inner-barrel-6mm-untuk-pvc-airsoft-gun.html

      salam kreatif

      Delete
  29. makasih ya ilmunya , ane berhasil ngebuatnya
    tapi pelurunya di ganti jadi kelereng,
    lumayan ditest tembak ke asbes dari jarak 25meteran bolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. safety first ya, gan. selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
  30. gan itu air chamber nya sering bocor loh,kasih tau dong cara mengatasinya saya pake keran pipa yang besi

    ReplyDelete
    Replies
    1. air chamber bocor berarti saat penyambungan kurang teliti. selanjutnya kalau pakai keran yang besi, berarti penyambungan harus pakai model drat, perlu diberi 'seal tape' sejenis selotip warna putih khusus untuk membuat sambungan drat lebih rapat.
      salam kreatif

      Delete
  31. gan,kalo pentil ban motornya diganti pake pentil yang ada di ban berenang atau di pelampung bisa gk?:v
    mohon dibales ya min :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. pentil gitu tidak mampu menahan tekanan udara dalam chamber, gan. cari pentil dari ban bekas, bisa beli atau minta di tukang tambal ban.
      salam kreatif

      Delete
  32. gan kalo larasnya di panjangin bisa tambah akurasinya gk gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori makin panjang laras maka makin akurat gan, tapi berdasar pengalaman,panjang laras ideal 50-60 cm. terlalu panjang bentuknya jadi aneh :-)
      salam kreatif

      Delete
  33. dan pvc airsoftgun sya udah jadi trus sya rombak jdi dual tabung trus nambah power nya jdi 250 psi ,,,,, xixix salam kreatifitas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren, 250psi pakai pompa kompresor mini atau pompa shockbreaker? Boleh dishare hasil karyanya. salam kreatif

      Delete
  34. inner barrel nya dapet darimana ..? susah bener nyarinya yang 6mm.. minta solusi klo pake semprotan buat nyemprot burung yang udh ada pompanya sekalian itu bisa ya.. tpi klo udh jadi gumbar" bntuknya aneh.. gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utnuk inner barrel kami sudah menggunakan bermacam-macam bahan, dari bekas mainan airsoft murah, bekas inner barrel standard airsoft electric hingga tangkai balon.
      kami juga sedang berusaha untuk menyediakan inner barrel alternatif.
      semprotan burung/tanaman yang sudah ada pompa kalau tidak salah didesain agar tekanan udara tidak melebihi nilai tertentu, sehingga dipasan katup pengaman untuk membocorkan udara. selain itu bentuknya memang akan jadi aneh :-) pompa sepeda portable sekitar 50rb cukup mudah didapat kok.
      salam kreatif

      Delete
  35. makasih kak .. deket" rumah saya sulit gan cari penjual pipa eceran Hhh.. thanks :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya, kami sedang mencoba laras alternatif aluminum :-)

      Delete
  36. gan ane ada liat baterai di salah satu gambar. guna dari baterai itu sendiri untuk apa ya gan?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  37. gan ane ada liat baterai di salah satu gambar. guna dari baterai itu sendiri untuk apa ya gan?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baterai cuma untuk mencoba, kebetulan ukurannya sesuai dengan pipa outer barrel

      Delete
  38. saya pakai ... kompresor...

    pipa pvc ukuran 3/4 .2/3 innernya selang gas
    reducer sokect 2inch x 1inch + reducer soket 1inch x 3/4
    trhee 3/4 , drop 2 inch ...
    itu sudah sya simpelkan panjang tabung 32 cm cukup untuk menahan angin sebanyak 250 psi+
    dan menggukanakan proyektil berupa biji kacang kedelai
    hasil test yaitu berupa lemari plastik 1 shot tembus plastik setebal 32mm .. manpat gan ... salam kreatifitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah 250psi, pastikan lemnya kuat ya. pakai kompresor kecil ya? nemblus plastik 32mm atau 3,2mm? boleh di share foto hasil karyanya. selamat berkreasi dengan aman..

      Delete
    2. 3.2mm .. pake lem besi kuat nahan tkanan 250 PSI . bisa pake proyektil kayu yang sekuran inner barrel contoh .. tasbih rusak

      Delete
  39. Maaf saya tinggal kurang inner barrel aja,alternatif yang lebih mudah apa guys,tolong informasinya guys

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami ada inner alternatiff, bahan aluminum tapi belum sempat di test. akan kami coba cari supliernya dulu :-)

      Delete
  40. Mas,kalo pake handpump mini disambung pake selang bisa gak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya bisa. kalau diposisikan tanpa selang (langsung ke pentil) akan lebih ringkas. tapi kalau ingin penempatan pompa yang fleksibel, bisa pakai selang. pernah coba selang waterpass, dijual di toko bahan bangunan. selang disambungkan ke pentil yang di air chamber (tabung udara), ujung satunya disambung ke pentil lain untuk dipasang ke pompa. salam kreatif

      Delete
  41. saran saya . kalo yang pengen sampe tekanan 250/300 psi lemnya harus di ganti lem besi . soal nya kalo sudah mencapai tekanan 125 psi drop tabung akan lepas .. lem pvc tdk kuat mnahan tkanan yg besar jadi saran saya menggunakan lem besi expoy .. salam kreatifitas & safety first

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, lem epoxy lebih kuat, kalau bisa bagian yang disambung digurat pakai obeng, pisau atau amplas agar lebih 'menggigit'

      Delete
  42. Tolong dong saya buatin,, masalah harga bisa di atur,, invite PIN BB punyaku ya,,57B5B681

    ReplyDelete
  43. Thanks gan infonya udh kelar gue buat

    ReplyDelete
  44. Gan itu kira kira barel yang palingg kecilnya
    Kira kira pake apa ya gan yang pas untuk menggunakan bb6.dan mudah didapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari airsoftgun murah yang sudah rusak, atau beli airsoftgun murah terus dibongkar untuk dipinjam pakai inner barrelnya, daripada penasaran :-)

      Delete
  45. Wah keren terimakasih banget tutorialnya....:)

    http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/intip-harga-kijang-innova-terupdate/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada pentil ban innova yang ngga kepakai, bolehlah dibagi2 buat pembaca blog ini, Gan :-)

      Delete
  46. Gan saya deno.. Sy juga mau coba bikin airsoft gun pvc, sbelumnya udah bnyk liat2 di youtube cuma sy mau sarannya.. Bisa ga Klo trigger nya langsung pake alat semprot (yg lain2 macamnya), misal yg alat semprot untuk air(apalah namanya?), kan itu handle nya bisa buat trigger, trus dibawah bisa buat sambungan selang untuk saluran angin ke alat semprot tadi,,kira2 bisa gak gan?? Mohon saran nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trigger dapat menggunakan pengganti stop keran misalnya alat semprot air, air gun milik kompresor, bahkan keran dispenser :-)

      Delete
  47. iiner barelnya bli dimana gan tutorial pakai dart paku dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. inner barrel standar airsoftgun sering ada yang jual di online store, tapi mahal. kalau beruntung bisa dapat bahan alternatif yang diameternya pas dengan BB plastik 6mm

      Delete
  48. saya org malaysia... hai jirann kuu

    ReplyDelete
  49. Replies
    1. trigger atau picu menggunakan keran gan, untuk melepaskan secara sepontan udara dari dalam tabung (yang dimasukkan dari pompa melalui pentil ban)

      Delete
  50. Gan, tlong dibuatkan video tutorialnya di YouTube gan......

    ReplyDelete
  51. bng saya masih bingung nih.. gimana cra buat tempat pelurunya..
    tolong buat kan bang..

    ReplyDelete
  52. Iner barrel nyari nya dimana ya?

    ReplyDelete
  53. beli pvc buat laras dimana? apa bisa pesan disini bang, terimakasih.

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com