Ad by Google

21 March 2013

Visir, Pembidik untuk Airsoft Gun PVC

Setelah meluangkan beberapa jam kerja untuk membuat sendiri airsoft gun dari pipa PVC menggunakan desain yang sangat sederhana dan memasangkan inner barrel airsoft gun bagian yang paling menyenangkan tentunya menembak sasaran. Oops, tunggu dulu..... Bagaimana caranya agar bidikan senapan hasil kreatifitas tersebut dapat akurat? Atau setidaknya dapat mendekati sasaran, ngga meleset terlalu jauh :-) ?

Dari berbagai literatur (dan kenyataannya memang demikian) lintasan proyektil secara umum akan membentuk garis lengkung. Pada detik-detik awal setelah meninggalkan muzzle (ujung laras) lintasan proyektil masih relatif lurus, dan selanjutnya akan semakin melengkung seiring dengan menurunnya kecepatan.

Nah, fungsi pembidik baik berupa open sight / iron sight maupun telescope adalah untuk membantu membuat sebuah garis virtual antara mata penembak dengan sasaran. Pembidik atau sering disebut visir dapat diatur sedemikian rupa sehingga garis maya tersebut dapat berpotongan dengan jalur lengkung proyektil.

Visir membantu arah bidikan agar berpotongan dengan lintasan proyektil
Visir membentuk garis maya yang berpotongan dengan jalus lintasan proyektil.

Perlu dicatat, kita tidak membicarakan mekanisme hop up dulu saat ini. Bagi pembaca yang baru mendengar, pada dasarnya mekanisme hop up pada unit airsoft gun bekerja dengan memelintir proyektil BB ke arah atas-belakang agar jarak tempuhnya semakin jauh. Jarak tembak yang semakin jauh ini terjadi karena lintasan BB justru dapat berbelok kembali ke atas setelah turun.

Kembali ke visir Do It Yourself untuk airsoft gun versi pipa air PVC. Rencana yang kami susun untuk membuat pengarah bidikan senapan home made adalah sebagai berikut :
  • Pembidik bagian belakang (dekat mata petembak) harus dibuat lebih tinggi dibandingkan pembidik depan.
  • Lubang di pembidik belakang cukup kecil saja.
  • Mencari bahan visir yang mudah didapat, mudah dibentuk, mudah dipasang dan harus murah.
Mengacu kepada beberapa syarat di atas, akhirnya kami menemukan bahan yang sesuai untuk digunakan sebagai bahan visir. Pembaca boleh penasaran, tapi ngga boleh ketawa setelah melihat kandidat visir kami di bawah ini :-)

bahan sederhana untuk membuat visir senapan airsoft pipa PVC
Sendok plastik bekas susu formula, mudah didapat, mudah dibentuk, mudah dipasang, dan murah :-)

Memang memerlukan  kesabaran untuk melakukan trial & error dalam menentukan ketinggian yang tepat agar visir ala Mc Gyver ini membantu membidik sasaran dengan relatif tepat dan nyaman. Hasil percobaan akan kami tulis dalam artikel selanjutnya :-)

Bila ingin pembidik yang lebih keren dan akurat, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan pembidik laser atau teleskop. Sebaiknya pilih yang memiliki pegangan berbentuk bulat agar lebih mudah dipasang.


Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

pvcairsoftgun@gmail.com


2 comments:

  1. gan jangkauan maksimalnya sampai berapa meter ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. efektif 30 meteran, menggunakan BB airsoft plastik 0.2 gram

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com