Ad by Google

29 March 2013

Mengoptimalkan Keran Sebagai Picu Airsoft Gun Pipa PVC

Project DIY airsoft gun PVC pertama kami dibuat dengan prinsip kerja yang sederhana: udara dipompakan ke dalam chamber kemudian dilepaskan secara cepat melalui mekanisme trigger atau picu yang dibuat menggunakan keran. Nah, dari sini terlihat bahwa peran ball valve sangat penting. Keran yang ideal digunakan sebagai picu airsoft gun pipa PVC setidaknya memiliki karakterstik sebagai berikut:
  1. Tidak bocor saat ditutup penuh
  2. Ringan saat dibuka
  3. Mampu membuka secara spontan agar udara yang dimampatkan di dalam chamber dapat keluar dengan cepat sebanyak mungkin.
Syarat nomor 1 relatif mudah dicapai, karena akan menjadi standar kualitas produk keran air. Syarat nomor 2 memerlukan sedikit upaya dalam memilih model, bahan maupun merk keran. Artikel kami kali ini menekankan pada syarat nomor 3, membuat keran air dapat mengalirka udar bertekanan lebih cepat dan lebih banyak.

Umumnya terdapat 2 model keran berdasar mekanisme penutup aliran air. Yang pertama model kupu-kupu (tidak akan kita bahas di sini) dan yang ke dua model bola atau disebut ball valve. Unit airsoft gun home made kami yang pertama ini menggunakan mekanisme trigger atau picu berupa ball valve dan terbuat dari plastik.

Keran plastik kami pilih dengan pertimbangan harga yang lebih hemat. Jujur, awalnya kami tidak berharap banyak akan performa senapan airsoft hasil prakarya ini :-) Material yang seluruhnya terbuat dari plastik ternyata memberikan berkah bagi kami, kemudahan untuk memodifikasi keran agar lebih explossive. Tentu istilah eksplosif di sini bukan meledak dalam arti sebenarnya.

Sebagai gambaran, jika keran dibuka bertahap dan perlahan, maka tekanan yang mendorong proyektil akan jauh lebih rendah dibandingkan jika keran dapat tebuka penuh dalam waktu singkat. Tekanan udara maksimal dapat mendorong proyektil BB 6mm 'terbang' lebih cepat.

Mengoptimalkan aliran udara yang melalui keran kami lakukan dengan cara membuang sebagian sisi bola penutup di dalam keran. Sekali lagi, keran berbahan plastik yang lebih murah ini memberikan kemudahan bagi kami. Cukup menggunakan alat bor, dalam beberapa menit kami sudah mempunyai trigger yang lebih 'galak' :-) Bila pembaca tidak memiliki alat bor, obeng atau paku besar yang dipanaskan nampaknya dapat digunakan untuk keperluan ini. Satu hal yang perlu diingat, kerapian dan kesabaran dapat memberikan hasil kerja yang lebih bagus.

Langkah-langkah yang kami lakukan sebagai berikut:
  1. Tutup penuh keran ball valve
  2. Gunakan spidol atau pensil untuk memberi menggambar lingkaran pada bola penyekat.
  3. Tiup keran dari salah satu lubang, lalu buka keran sedikit demi sedikit hingga terasa ada udara yang mulai mengalir.
  4. Kembali buat tanda kembali pada bola penyekat. Inilah batas maksimal bagian ball valve yang dapat dibuang. Semakin mendekati posisi garis 'tutup penuh', keran akan semakin responsif, namun resiko kebocoran juga akan semakin meningkat. Silakan lakukan trial and error.
  5. Rapikan tepi bola penyekat agar keran dapat menutup sempurna.





Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com 

2 comments:

  1. mas , saya beli krannya kok muterya berat banget ya, supaya licin gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini juga merupakan hal yang sangat penting diperhatikan agar hasil kreatifitas kita nyaman digunakan. Kami sendiri juga pernah mengalami keran yang berat saat diputar. Dapat dicoba membasahi keran dengan air atau sedikit pelumas. Namun agar lebih optimal sebaiknya saat membeli keran perlu lebih selektif. Keran dengan 'ball' dari plastik seperti contoh gambar di atas relatif lebih susah diputar (walaupun ada juga yang cukup ringan), sedangkan keran dengan 'ball' logam relatif lebih ringan diputar. Walaupun 'ball' logam tidak dapat dimodifikasi agar bukaan lebih lebar, tetapi pergerakan yang licin dan lancar tetap dapat memberikan hasil yang memuaskan. Saran kami, pilih keran yang dapat dibuka menggunakan tenaga 1 atau 2 jari. Selamat berkreasi.

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com