Ad by Google

01 April 2013

Menguji Kemampuan Maksimal Botol Plastik Menahan Tekanan Udara

Pada tahap awal eksperimen membuat sendiri senapan airsoft gun dari pipa PVC, kami menggunakan botol plastik sebagai chamber atau penampung udara. Kami berusaha mencari referensi untuk mendapat gambaran mengenai kekuatan botol plastik menahan tekanan udara yang dipompakan ke dalamnya. Langkah berikutnya, kami melakukan test sederhana untuk mengetahui tekanan aman yang dapat kami gunakan.

Sebetulnya kami ingin melakukan test untuk 'memaksa' botol plastik hingga mencapai kemampuan maksimal dalam menahan tekanan udara. Namun keterbatasan sarana membuat kami belum dapat melakukan hal tersebut. Seiring perjalan waktu berbagi dengan pembaca, akhirnya kami menemukan referensi yang sangat sesuai dan dapat mewakili upaya kami.

Botol PET bekas kemasan minuman berkarbonasi memiliki batas makasimal kemampuan menahan tekanan udara 120 psi. Dalam test digunakan merk Coca Cola, namun merk lain diduga mempunyai kemampuan hampir sama. Lebih dari 120 psi, botol kemungkinan besar akan meletus dan mengeluarkan suara yang keras.

Kemampuan botol plastik bekas dalam menahan tekanan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis bahan botol dan isi produk yang dikemas. Botol bekas minuman berkarbonasi tentu didesain untuk mampu menahan tekanan gas yang dimiliki oleh isinya, sedangkan botol air mineral tidak didesain untuk menahan tekanan dari isinya.

Di bawah ini kami sertakan video uji kemampuan botol minuman berkarbonasi menahan tekanan udara, tentu dengan ijin dari pemilik :-)


Kami menyertakan video ini tentu bukan untuk mengajak pembaca 'memaksa' botol plastik menahan tekanan udara maksimal saat membuat senapan airsoft pipa PVC, namun sebagai acuan agar pembaca senantiasa mengutamakan keselamatan. Jika botol plastik memiliki kemampuan maksimum menahan tekanan udara sebesar 120 psi, maka menggunakannya pada tekanan 60 psi atau 50% kemampuan maksimal diharapkan cukup aman dan sudah memberikan daya dorong yang cukup tinggi terhadap BB airsoft.




Safety first, and take your own risk :-)


Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com  


5 comments:

  1. menarik min dengan kreasinya (Y).
    kira kira botol coca cola itu bisa diisi oksigen gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. botol diisi oksigen seharusnya bisa namun tetap saja harus memperhatikan batas kemampuannya menahan tekanan. selain itu oksigen juga merupakan gas yang mudah terbakar, jadi harus sangat hati-hati.
      salam kreatif

      Delete
  2. ketahanan tekanan botol 120 psi, taunya dari sumber referensi atau di uji coba sendiri ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami ambil dari youtube, seijin pemilik video

      Delete
    2. https://www.youtube.com/watch?v=o7TuvMw2xyU

      Question:
      PVCairsoftgun3 years ago
      Highly appreciate for this burst test video. It's give us better explanation of soda bottle capability to handle air pressure. Hope you guys give us permission to embed this video on pvcairsoftgun.blogspot.com. Thanks

      Answer:
      No worries, embed away. :) Pressurising bottles beyond 130psi will permanently distort them. It's best to keep to max pressure of 120psi.

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com