Ad by Google

14 March 2013

Inner Barrel 6mm untuk PVC Airsoft Gun

Setelah melakukan test kemampuan senapan airsoft pipa PVC pertama kami menggunakan proyektil sekedarnya dan ternyata menunjukkan kemampuan yang menjanjikan, saatnya melanjutkan project DIY ini menggunakan inner barrel 6mm. Inner barrel dalam ilustrasi di bawah ini berasal dari low powered airsoft electric gun kami yang sudah rusak :-(

Inner barrel yang kami gunakan project pertama ini bukanlah jenis tight sehingga kekuatan senapan airsoft ini menembakkan proyektil juga tidak maksimal. Space yang cukup besar antara BB airsoft 6mm dengan lubang permukaan dalam laras pasti akan mengakibatkan kebocoran kompresi saat udara bertekanan dari air chamber berupa botol plastik dilepaskan dengan membuka trigger berupa keran air.

Tantangan pertama adalah memasangkan inner barrel dengan pipa yang digunakan sebagai outer barrel. Awalnya kami menggunakan pipa besi bekas kursi lipat untuk dijadikan outer barrel, namun akhirnya kami ganti dengan pipa aluminium dengan beberapa pertimbangan:
  • Ringan
  • Mudah dipotong
  • Tidak berkarat
  • Permukaan lebih halus
Setelah mendapatkan pipa aluminium yang sesuai, saatnya menjawab tantangan untuk menyatukan inner barrel dengan outer barrel, sedemikian rupa sehingga posisinya sedapat mungkin berada di tengah (center). Kami menggunakan plakban atau duct tape di kedua ujung laras dan di tengah untuk keperluan ini.

Plakban atau duct tape dapat membantu kita membuat laras airsoft gun PVC yang terdiri dari inner barrel 6mm dan pipa aluminium yang berfungsi sebagai outer barrel.

Inner barrel 6mm diganjal duct tape lalu dibungkus pipa aluminium dengan ukuran sesuai dengan diameter dalam pipa PVC sebagai shroud.
Sebetulnya bila menggunakan desain yang paling sederhana, airsoft gun pipa PVC dapat menggunakan sistem pengisian muzzle loading. Sebagai sebuah muzzle loader, proyektil berupa BB 6mm diisikan dari ujung laras seperti meriam dan senapan kuno. Namun kami ingin membawa proyek senapan airsoft home made ini lebih jauh, dengan membuatnya menjadi sebuah breech loader. Ide sederhana yang kami gunakan adalah dengan laras yang dapat digerakkan maju, mundur dan dikunci untuk memudahkan proses loading.

Pada ujung laras atau muzzle juga dilakukan hal yang sama. Barrel kami desain dapat bergerak bebas maju mundur untuk memudahkan proses loading.

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

53 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :-) Anda tertarik membuat senapan airsoft sendiri dari pipa PVC? Ada yang perlu kami bantu jelaskan?

      Delete
    2. butuh skill dan daya imaginasi tinggi... next project after papercraft

      Delete
    3. Dan kemauan memulai dan berani mengupayakan keberhasilan :-)

      Delete
  2. gan itu barel nya dari besi ya ? terus beli dimana namanya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barrel menggunakan 'inner barrel airsoftgun' di k*sk#s ada yang jual per cm sekitar Rp 2.500 gan, silakan dicari. Kalau bisa menemukan barang-barang bekas yang fit dengan diameter bb 6m, akan lebih hemat :-) Selamat berkreasi..

      Delete
  3. Beli Peluru Nya Dimana Gan..??
    Dan Cara Masukin Pelurunya Gimana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airsofter atau pegiat/pehobby airsoft biasa menyebut proyektil tersebut dengan istilah BB, bentuknya seperti bola terbuat dari plastik berdiameter 6mm. Anda dapat membeli di toko airsoft, toko mainan atau melalui berbagai situs online. Cara memasukkan BB bisa dari ujung laras atau dari breech. Kami sidah menulis artikel yang dapat memberikan gambaran lebih jelasn di http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/07/panduan-ringkas-membuat-airsoft-gun-pvc.html Salam

      Delete
    2. Gampang gan,,..
      ane modif dari shotgun mainan yg 30rb an, truz pistonnya ane ganti pake selang ke keran udara,..
      so loadnya ky kokang shotgun aja

      Delete
    3. Nice, kokangnya jadi lebih enteng, karena tidak perlu per pendorong piston yang keras. keran disambung ke kompresor pasti semakin keren :-) larasnya ganti sekalian yang metal dan 'tight' b iar mantap. kami sudah ada rencana untuk eksperimen tapi belum terlaksana. silakan jika berkenan share link gambar atau tutorialnya. salam kreatf.

      Delete
  4. gann ane pernah mau bikin yg kyk gini setelah ubek" di youtube.. dan hasilnya fps gak nyaampe 100.. gmna yaa? kyknya selalu ngebhhoos.. ?? terus laras inner dari alumunium itu bagus gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasar pengalaman kami, 'fps' akan dipengaruhi oleh beberapa hal:
      1. tekanan udara dalam chamber, 60-70 psi cukup mudah didapat dengan pompa sepeda portable.
      2. volume chamber, jika volume besar tentu usaha untuk memompa juga lebih banyak.
      3. kebocoran kompresi, perlu diminimalkan.
      4. perbandungan ukuran inner barrel dengan proyektil. 'tight barrel' akan memberikan 'fps' yang relatif lebih tinggi.
      5. berat proyektil bb plastik 6mm: 0.12gr, 0.2gr, dst...
      mengenai laras inner aluminium menurut kami tidak ada masalah, asal ukuran sesuai dengan bb 6mm.
      kalau ada gambar/link silakan di-share, barangkali kami dapat ikut menyumbang ide/saran.
      selamat berkreasi...

      Delete
  5. luar biasa terima kasih penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali, semoga bermanfaat..

      Delete
  6. sya bingung mencar laras ukuran 6mm saya g punya kursi lipat apa lagi senapan burng/angin bekas. bahan apa lagi tolong beri tahu saya bahan apa lagi yg di gunakan selain laras2 yg anda beritahukan.tapi barang2 yg mudah dicari y terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menunggu jawaban anda sir

      Delete
    2. Menemukan laras yang memenuhi kebutuhan dari barang bekas memang lebih sulit dibanding dengan membelinya :-) Kami pernah menjumpai ballpoint dengan diameter dalam cukup sesuai dengan diameter BB plastik 6mm, silakan dicoba. Jika sekedar untuk mencoba apakah senapan mainan karya Anda dapat berfungsi, sebetulnya dapat membuat proyektil yang sesuai dengan ukuran laras/pipa yang sudah dimiliki, misalnya dengan lilin mainan atau tanah liat :-)

      Delete
    3. gan ane tahu gan buat senapan angin pipa pvc yg praktis gak usah masang pompa atau mencopotnya lagi silahkan buka. air gun-mupdyke.com atau www.mupdyke.com

      Delete
    4. karena saya sulit mencari laras ukruan 6mm saya membuat pelurunya dari paku yg bagian belakangnya saya beri potongan kalender bekas yg saya buat membentuk corong dan disesuaikan dengan lubang pipa laras saya. setelah saya coba hasilnya sangat memumaskan dalam jarak 5m paku itu menancap cukup dalam dan utk mencabutnya harus mengunakan tang.lumayan buat berburu ma buat nemba k sesama orang yg melakukan kejahatan di rumah saya xhexhexhexhexhe. terimakasih juga atas pemberi tahuannya tentang laras salam pvc.

      Delete
    5. Betul, mupdyke.com dapat dijadikan referensi untuk membuat airsoft gun pipa pvc yang terintegrasi dengan pompa.
      Proyektil paku dan jenis dart yang lain memang sengaja tidak kami publikasikan di artikel kami, karena pilihan fokus kami adalah airsoft gun.
      Pesan kami, selalu perhatikan dan utamakan keamanan diri sendiri dan orang lain jika menggunakan proyektil yang bersifat 'tajam'. Sedapat mungkin gunakan pelindung, paling tidak untuk mata. Waspada juga terhadap kemungkinan ricochet (pantulan) proyektil yang dapat melukai Anda. Selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
  7. mo nanya nih cara membuat alur alur di larasnya gimana yah kan klo senjata beneran ada alur alur di dalam larasnya yg berfungsi mengaduk aduk peluru agar saat meluncur dalam keadaan berputar seperti bor apa bisa juga di pipa pvc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, di senapan betulan laras mempunyai alur yang disebut rifling. Rifling bermanfaat untuk 'memelintir' proyektil agar arah luncuran lebih stabil. Untuk membuat rifling di pipa PVC juga memungkinkan, tapi kami belum mencoba sejauh itu. Ada juga yang menjual pipa PVC ber-rifle, tapi di luar negeri :-( http://makezine.com/2011/04/19/rifled-pvc-pipe-for-more-accurate-spud-guns/

      Delete
  8. om beli iner barrel'y dmn om ?? di toko2 besi deket rumah gk ada yg jual om...boleh tau gk om beli dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang inner barrel yang benar-benar pas dengan ukuran BB airsoft tidak tersedia di toko-toko besi. Bisa coba cari di toko atau online seller airsoft. Silakan kirim message ke pvcairsoftgun@gmail.com untuk info lebih jelas.

      Delete
  9. Om beli inner barrel nya di mana om ? di tukang las biasanya ada nggak om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inner barrel untuk airsoft (diameter dalam 6.02 - 6.05 mm) tidak tersedia di toko besi & bangunan Om. Harus cari di toko airsoftgun atau cari di kas**s. Bisa juga ambil dari bekas airsoft gun yang rusak :-)

      Delete
  10. Inner barrel 6 mm insyaallah dapat di beli di toko service kulkas, namanya pipa kapiler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasi yang ditambahkan, kami dulu pernah cek ke tukang service AC, namun ukuran pipa tembaga yang sesuai dengan diameter bb plastik 6mm tidak ada. Pipa kapiler berukuran jauh lebih kecil, lubangnya hanya seukuran jarum. Salam kreatif

      Delete
    2. diameternya kurang pas,.>
      0.26" = 6,6mm #kalo Gak salah
      Perlu ide laen....

      Delete
    3. cari mainan airsoft yang murah, laras plastik cukup ok untuk eksperimen sebelum melangkah 'lebih serius'. atau pakai sedotan seperti artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2014/01/laras-alternatif-untuk-airsoft-gun-pvc.html
      memag laras sangat pas (cenderung sempit) dengan ukuran BB plastik 6mm, tapi dengan tekanan udara (pneumatic) yang cukup besar gesekan di antara keduauanya tidak terlalu berpengaruh. salam kreatif

      Delete
  11. gan cara ngunci larasnya gmn nh msh krg paham jg bwt larasnya bagaimana di buat video pembuatannyagan biar mudeng, terimakasih.tolong y gan penasaran banget buwatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan,
      Mekanisme untuk mengunci laras dapat dibaca pada artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html, pengunci menggunakan 'hose clamp' seperti yang digunakan untuk selang gas elpiji.
      Sedangkan cara pembuatan 'breech' bisa dibaca di artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html
      Selamat berkreasi..

      Delete
  12. mau tanya kalo pake pipa yang seperti di antena yang bentuk tabung itu bisa gak?
    sama belinya di mana yang panjang ?
    mohon bantuanya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pipa aluminium antena dapat digunakan, namun kalau menggunakan proyektil BB airsoftgun kami belum pernah menemukan ukuran yang pas, masih kebesaran. kalau untuk ujicoba sudah cukup, atau bisa juga menggunakan sedotan plastik. seriuss :-) http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2014/01/laras-alternatif-untuk-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  13. assalamualaikum admin..saya ni dri malysia .. sye nk buat airsoft ni .. penjelasan cara mem buat tu kurang jelas lh admin ..
    bleh tlong ajar saya dri mula shingga akhir x ??
    plsss tlong sye ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam wr wb.
      bagian mana (part) yang kurang jelas?
      kami sudah merangkum pada artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/07/panduan-ringkas-membuat-airsoft-gun-pvc.html
      - intinya, bagian paling penting adalah tabung untuk menampung udara bertekanan (air chamber) anda bisa menggunakan botol cola atau pipa pvc ukuran 1 1/4 inch.
      - untuk memasukkan udara menggunakan pompa, anda perlu pentil ban/tayar (tire valve)
      - untuk mengatur udara bertekana keluar dari tabung, kita gunakan keran (ball valve)
      - bagian selanjutnya adalah laras / barrel. paling sederhana menggunakan sistem pengisian dari ujung laras (muzzle loader). kalau mau lebih nyaman dapat dibuat breech, seperti link http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/breech-untuk-airsoftgun-pvc.html
      bila ada yang perlu ditanyakan lagi, silakan.
      wassalamualaikum.

      Delete
  14. Replies
    1. fb ada:
      https://www.facebook.com/DUCKgunov
      atau https://www.facebook.com/eskapea.duckgunov

      Delete
  15. Numpang tanya kalau inner barrel. Pakai ballpoint bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. inner barrel bisa pakai body ballpoint, tapi agak susah cari yang pas dengan ukuran BB plastik 6mm. Kalau mau coba ballpoint Zeb*a F-107, tapi harganya agak mahal :-(

      Delete
    2. pn nanya kalau inner barrel ada jual di toko bangunan?

      Delete
    3. inner barrel sayangnya tidak ada di toko bangunan :-(

      Delete
  16. gan,agannya jual inner barrel gak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perlu inner barrel plastik dapat kami bantu :-)

      Delete
  17. berapa harganya trus panjangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami sedang menguji coba laras alternatif aluminum, segera diposting kalau menurut kami layak.

      Delete
  18. Inner barrelnya bisa nggak menggunakan pipa alumunium yg dijual di bengkel pembuat etalase ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal diameter dalamnya sesuai denga proyektil BB 6mm yang digunakan, bisa. salam kreatif

      Delete
  19. pentilnya bs nggak menggunakan pentil ban tubeless?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget gan, kami biasa pakai kok. salam kreatif

      Delete
    2. Mau nanya itu setelah di masukan peluru tidak ada penahanan nya?, maksudnya peluru nya tidak jalan begitu?

      Delete
  20. Ukuran air Chamber nya berpengaruh sm besar/kecilnya tekanan ga gan ?
    Terus barrel inner 6mm nya alternatif paling baik dan mudah di dapat apa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasar pengalaman, ukuran air chamber tidak berpengaruh terhadap tekanan. tapi lebih baik menggunakan ukuran chamber minimal sama dengan volume laras yang digunakan. coba bayangkan jika volume laras sebesar 200ml lalu chambernya berukuran 50ml, maka tekanan udara kurang optimal mendorong proyektil sampai ujung laras. inner barrel paling mudah ya kanibal dari airsoftgun murah yang sudah rusak :-)

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com