Ad by Google

04 March 2013

Botol Plastik Sebagai Popor Sekaligus Air Chamber

Senapan airsoft gun dari pipa PVC dengan desain yang sangat sederhana dapat dibuat dengan botol plastik sebagai salah satu komponennya.Botol plastik tersebut terutama berfungsi sebagai air chamber, tempat menampung dan memampatkan udara dengan bantuan pompa. Botol plastik yang umumnya diproduksi  menggunakan teknik blow molding diharapkan dapat menampung udara hingga bertekanan sekitar 40 psi.

Sebetulnya tidak ada syarat khusus dalam memilih botol untuk digunakan sebagai bagian dari airsoft gun pipa buatan sendiri. Asalkan mampu menahan tekanan udara dan memungkinkan dirangkai dengan bagian lain yang berupa pipa PVC atau keran, botol dapat digunakan. Ukuran botol sebaiknya tidak terlalu besar. Volume botol yang besar menuntut Anda memompakan lebih banyak udara untuk mencapai tekanan yang sama, dibandingkan dengan botol dengan volume lebih kecil.

Berdasar pengalaman kami, botol dengan volume sekitar 500 ml sudah cukup untuk digunakan sebagai popor sekaligus air chamber dalam proyek senapan airsoft buatan sendiri dari pipa PVC. Perlu diingat, udara yang dimampatkan ke dalam botol akan 'dibuang' sekaligus saat picu berupa keran air dibuka. Jadi akan sangat merepotkan jika harus lebih banyak memompa karena menggunakan botol yang lebih besar.

Sebetulnya senapan airsoft pipa PVC dapat dijadikan sebuah 'repeater' yang dapat digunakan menembakkan proyektil BB 6mm beberapa kali setelah dipompa penuh, namun memerlukan desain yang lebih kompleks dan bahan yang juga mampu menahan tekanan lebih tinggi.

Botol plastik bekas kemasan minuman, terutama minuman bersoda merupakan kandidat yang tepat sebagai air chamber. Namun secara estetika kurang menarik karena bentuk yang sangat standar, bulat memanjang. Kami mencoba mencari alternatif botol yang dapat memenuhi fungsi dan estetika sekaligus. Pilihan jatuh pada botol bekas kemasan pewangi pakaian, yang menurut kami memiliki bentuk cukup menarik.

Botol produk rumah tangga yang mudah ditemui di toko-toko dekat rumah tersebut memiliki bentuk agak mirip dengan popor senapan. Salah satu bagian botol juga dapat berperan sebagai cheek pad (bantalan pipi), membantu saat membidik target.

Botol bekas pewangi pakaian, memiliki bentuk agak mirip dengan popor senapan dan dapat menyediakan bantalan pipi.

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

6 comments:

  1. keren bang, aku pengen coba jadi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, selamat berkreasi. Ditunggu sharing hasil karyanya :-)

      Delete
  2. Pakai botol coca cola lebih kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Botol minuman bersoda memang di desain untuk menahan tekanan gas C02.
      kami sudah pernah mengulasnya di artikel
      http://pvcairsoftgun.blogspot.co.id/2013/04/kemampuan-maksimal-botol-plastik-menahan-tekanan-udara.html?showComment=1460858348083#c5843386325150907925
      salam kreatif

      Delete
  3. Cara nyambungin ke tempatnya gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami biasa pakai lem besi (epoxy glue) untuk menyambung bahan yang bukan PVC karena lem pipa tidak akan menempel. pastikan permukaan botol plastik yang akan dilem diamplas kasar agar ada friksi dan melekat lebih kuat. bisa juga dicoba pakai lem s*perglue atau alt*co. setelah kering harap ditest dengan tekanan udara secara bertahap, misal 50 psi, 60 dst. selamat berkreasi dengan aman.

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com