Ad by Google

09 March 2013

Airsoft Gun Pipa PVC, Project Pertama

Berbekal segudang rasa penasaran, kami mengerjakan project pertama airsoft gun pipa PVC menggunakan desain yang sederhana. Bahan yang digunakan sebagai berikut:
  • 1 buah botol bekas pengharum/pelicin strika pakaian --> air chamber & butt stock / popor
  • 1 buah 'Valve Socket' PVC --> penghubung botol dengan Tee
  • 1 buah 'Tee' PVC 1/2 inch --> pistol grip
  • 1 buah 'Cap' PVC --> pistol grip
  • 1 buah valve / pentil bekas ban sepeda gunung/ motor --> air intake
  • 1 buah ball valve / keran plastik  --> trigger / picu
  • 1 buah 'Tee' PVC 1/2 inch --> breech / loading slot
  • 1 buah 'Clamp' cincin --> breech open & lock handle
  • 1 batang pipa besi bekas kursi lipat --> barrel
  • 1 batang PVC 1/2 inch --> shroud
  • 1 buah 'Socket' PVC --> muzzle accesories 
  • 1 kaleng lem PVC
Alat bantu:
  • Gergaji besi
  • Kikir
  • Ampelas
  • Pompa tangan
Setelah meluangkan beberapa jam untuk mencari ide, mencari referensi pembanding dan proses pengerjaan, saatnya memasuki tahap uji coba. Berhubung laras airsoft gun (inner barrel) sedang dalam proses pemesanan, maka digunakan proyektil seadanya untuk sekedar menjawab rasa penasaran.

Menggunakan tekanan udara 40 psi, proyektil dari bekas jack RCA mampu menembus kardus dari jarak 2-3 meter.


Dengan tekanan udara sebesar 40 PSI yang dimampatkan di dalam tabung terbuat dari botol pelicin seterika pakaian (merknya lupa), baterai ukuran AAA dan jack RCA (biasa dipakai di peralatan audio-video) sukses diluncurkan. Laras dari bekas kursi lipat membantu proyektil ala kadarnya tersebut meluncur terarah dan menembus kardus dari jarak 2-3 meter. Wow, lumayan kencang juga! Cukup menjanjikan untuk dilanjutkan menjadi airsoft gun, setelah inner barrel pesanan kami datang :-)

Berharap video berikut ini dapat menjelaskan bagaimana kinerja senapan homemade.Di bagian pertama terlihat senapan hobby ini mampu melontarkan proyektil yang cukup berat, jack audio-video. Di bagian selanjutnya, senapan ini sudah menggunakan inner barrel dan proyektil BB airsoft gun 6mm yang jauh lebih ringan.




Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com


 

21 comments:

  1. biasanya agan buat inner barrel nya pake barang bekas apa ? mohon pencerahanya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat menggunakan proyektil berupa BB plastik 6mm, kebetulan menggunakan inner barrel airsoftgun, bekas unit yang sudah tidak terpakai.
      Namun kalau untuk kepentingan uji coba, maka hampir semua jenis pipa dapat digunakan, tinggal bagaimana cara menghubungkan dengan rangkaian tabung dan keran.
      salam kreatif

      Delete
  2. Malam

    Saya dah coba buat, tapi hanya buat mainan bukan untuk BB, resiko untuk anak-anak, dibuat untuk menembak tikus dengan peluru tutup minyak wangi 8 ml. Nah, itu untuk pompa sepeda biasa yang besar itu, berapa kali pompa ya? Saya kok takut nggak kuat pipanya, baru coba 3x - 4x pompa aja, itupun nggak full, takut meledak pipanya, nggak kuat nahan tekanan udara.

    Kalau mas sendiri, berapa kali pompa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sekali Anda sangat memperhatikan faktor keamanan. Pada dasarnya proyektil bisa apa saja asalkan pas dengan diameter dalam laras. Biasanya pada pompa kan ada pengukur tekanan, itu dapat membantu kita memperoleh power yang konsisten. Tekanan 60-70 psi sangat mudah dicapai bahkan dengan pompa portable seperti ini http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/08/pompa-portable-airsoft-gun-pvc.html Mengenai tekanan maksimal, kami jarang menggunakan tekanan di atas 100 psi walaupun pernah dicoba dan secara teori pipa pvc masih mampu menahan tekanan di atas itu. Sebagai pembanding, botol plastik minuman ringan masih bertahan pada tekanan 60-70 http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/02/tes-kemampuan-botol-plastik-menahan.html Bila berkenan silakan men-share hasil karyanya. Selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
    2. Pagi

      Masalahnya, pompa sepeda saya yang biasa, nggak ada indikator tekanan berapa psinya mas. Jadi hanya perkiraan saja, 3x atau 4x pompa full (full itu maksudnya pompa ditarik keatas sampai habis lalu ditekan ke bawah untuk menghasilkan angin) itu kira-kira berapa psi ya?

      Mase pakai pompa portable, pompa sepeda biasa atau pakai pompa angin seperti di bengkel mas?

      2 - 3x pompa saja udah cepat sekali meluncurnya, apalagi sampai 100 psi, padahal biasanya airsoftgun itu sampai 400 psi, besar sekali ya.

      Bentuknya mirip kok dengan punya mase, mirip hanya beda dikit aja di krannya. Mau cari pipa alumunium biasa di toko elektronik ada nggak ya? yang besar diameternya kayak tutup minyak wangi 8 ml itu.

      Terima kasih atas jawabannya mas. Untuk anak-anak, nanti Insya Allah mau dibuatkan pistol karet aja, peluru karet gelang. he he.

      Delete
    3. Selamat pagi..
      PSI tidak dapat dikira-kira, karena berkaitan dengan volume tabung dan berapa banyak udara yang dijejalkan. Kalau penasaran, di toko-toko perkakas bisa didapatkan pengukur tekanan ban dengan harga cukup murah, ada yang di bawah 20ribu rupiah :-)
      Biasanya kami pakai pompa portable yang sering dipasang di sepeda.
      Sedikit meluruskan, airsoftgun biasanya menggunakan 'ukuran' FPS atau Feet Per Second untuk mendeskripsikan performanya, bukan PSI (Pound per Square Inch)
      Berapa besar tekanan yang digunakan untuk project senapan mainan pipa PVC Anda tentu tergantung kebutuhan. Saran kami jika ingin menguji tekanan sebaiknya bertahap, setelah 4 kali pompa ditambah 1 misalnya. Tidak perlu terlalu ditambah tinggi juga kalau dirasa sudah mencukupi.
      Pipa Aluminium dapat dibeli di toko atau pembuat rak piring, jemuran, etalase dll. Saran kami proyektil menyesuaikan ukuran laras, karena lebih mudah dibanduingkan laras yang menyesuaikan proyektil :-)
      Sangat bijaksana Anda tidak membuat mainan ini untuk anak-anak, karena memang lebih cocok sebagai mainan 'anak gede' yang sudah lebih memahami faktor keamanan.
      Selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
  3. mas model kayak gini bisa dibuat model senapan ga? kayak model magnum sniper, kar98k gitu tuh, ini spring kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pneumatic, menggunakan udara bertekanan 60-100 psi. dibuat agar mirip model atau replika bisa, namun butuh kemauan, kesabaran dan keterampilan. salam kreatif

      Delete
  4. Replies
    1. Silakan lihat di daftar isi, sudah cukup lengkap kami bahas :-)

      Delete
  5. Replies
    1. kalo kata saya lebih baik pake botol soda

      Delete
    2. setuju, botol soda memang didesain untuk menahan takanan dari minuman yang berkarbonasi (mengandung gas co2 sehingga bertekanan)

      Delete
  6. Penggunaan baterai untuk apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abaikan saja Gan :-)Itu waktu eksperimen pertama, cuma punya pipa yang kebetulan pas dengan ukuran baterai. Hanya untuk tes apakah mainan ini mampu mendorong baterai yang beratnya sekitar 24 gram, sekitar 120 kali bobot BB plastik airsoft yang hanya 0,2 gram (http://pvcairsoftgun.blogspot.co.id/2016/04/diameter-bb-plastik-airsoft-gun.html)
      salam kreatif

      Delete
    2. oh jadi baterai itu digunakan hanya untuk tester (peluru) ya gan?

      Delete
    3. maaf sebelumnya gan, BB itu apa ya gan?

      Delete
    4. Betul, baterai hanya untuk test. BB adalah singkatan dari Ball Bullet ('Peluru' Bola), untuk airsoft umumnya terbiat dari plastik dengan diameter 6mm.
      salam kreatif

      Delete
  7. Gan untuk nembak burung bisa dari jarak berapa meter ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau untuk berburu kami sarankan pakai senapan angin betulan saja :-)

      Delete
  8. Tempat beli senapan angin pvc dimana ya gan?

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com