Ad by Google

15 January 2013

Prinsip Kerja Dasar Airsoft Gun dari Pipa PVC

Airsoft gun pada dasarnya menggunakan tekanan udara untuk mendorong proyektil berupa bola plastik 6mm yang disebut BB. Tekanan udara ini dihasilkan oleh sebuah piston yang didorong oleh energi kinetik sebuah pegas atau per. Unit airsoft spring harus dikokang setiap kali akan menembak. Saat unit air soft dikokang pegas ditekan dan ditahan sedemikian rupa sehingga menyimpan energi potensial yang siap dilepaskan saat picu ditarik.
Unit airsoft elektrik pada dasarnya bekerja mirip dengan air soft spring, hal yang membedakan adalah kegiatan mengokang dilakukan secara terus menerus dan berulang oleh rangkaian gir dan motor listrik yang digerakkan oleh baterai saat picu ditarik.

Unit air soft yang bertenaga besar menuntut performa bagian-bagian atau part yang tinggi pula. Hal ini sangat masuk akal karena tenaga yang besar dapat dihasilkan antara lain oleh tekanan pegas yang besar pula. Tekanan pegas yang besar menuntut kekuatan bahan piston, silinder, gir, motor baterai dan sebagainya. Hal inilah yang membuat harga unit airsoft dengan kemampuan besar akan lebih mahal, selain faktor kemiripan airsoft gun sebagai sebuah replika senapan sungguhan dengan skala 1:1.

Bagaimana dengan unit airsoft homemade? Unit air soft buatan rumahan tentu sangat sulit untuk menyamai tingkat kemiripan replika buatan pabrik. Kemiripan bukanlah nilai lebih yang ditawarkan oleh airsoft gun bertema Do It Yourself. Menyalurkan kreatifitas, menjawab rasa penasaran dan memperoleh kepuasan batin merupakan suatu keasyikan tersendiri yang dapat diperoleh dengan megerjakan sebuah project DIY.

PVC airsoft gun yang kami bahas pada dasarnya menggunakan prinsip kerja mirip senapan angin atau air gun yang biasa digunakan oleh pehobi menembak burung atau tupai. Udara dimampatkan ke dalam sebuah tabung yang disebut air chamber menggunakan pompa manual/elektrik/tabung penampung udara. Tekanan udara yang cukup tinggi akan mampu mendorong proyektil berupa BB air soft saat mekanisme picu ditarik. Laras berfungsi sebagai pengarah agar proyektil meluncur terarah menuju sasaran yang dituju.

Desain sederhana menggunakanbahan pipa pvc, keran dan botol.
Desain sederhana menggunakan bahan pipa PVC, keran dan botol plastik.Untuk dapat meluncurkan BB airsoft gun perlu ditambahkan pipa logam / plastik dengan deameter dalam lebih besar dari 6mm.


Prinsip kerja yang cukup sederhana ini tentu dapat membuka pintu kreatifitas Anda selebar-lebarnya :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

11 comments:

  1. tipsnya bagus thanks buat infonya ..
    salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat. Selamat berkreasi...

      Delete
  2. kalau pesan 1 buat sempel bisa dak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk desain yang sederhana sebetulya dapat diikuti langkah-langkah pembuatannya di http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/07/panduan-ringkas-membuat-airsoft-gun-pvc.html
      bila ingin dibuatkan dengan desain dasar ini, kami usahakan untuk dapat membantu. harga = biaya part + jasa Rp100rb, diluar ongkos kirim.
      selamat berkreasi...

      Delete
    2. boleh deh, gan... ane minat...
      gimana cara ane pesan desain dasar tsb ?
      alamat ane di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, jadi berapa berikut ongkos kirim :D

      Delete
    3. Gan, untuk korespondensi lebih intensif silakan kirim email ke pvcairsoftgun@gmail.com
      Salam.

      Delete
  3. Wah,asik banget gan,bisa jadi alternatif pengganti crossbow nih gan. Kira-kira gimana kalau pelurunya diganti jadi semacam dart/panah? Asik gan,(mungkin bisa jadi pertama di dunia0 crossbow pneumatic!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar mengingatkan, sumpit yang dikenal luas di nusantara bukankah menggunakan anak panah (dart) dan pipa dengan pendorong 'hanya' berupa udara yang dihembuskan otot-otot penafasan?
      http://twoloopsblowgun.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-sumpit-di-kalimantan.html
      Proyektil berupa dart memang sengaja tidak kami publish melalui blog ini, karena tema besarnya adalah airsoft, namun secara umum sangat memungkinkan. Efektifitas, jarak tembak, akurasi dll tentu sangat dipengaruhi oleh desain/bentuk, ukuran, berat dll.
      'Crossbow' pneumatic sudah banyak tersedia dengan beberapa brand, dikenal dengan 'pneumatic speargun', silakan di googling.
      Salam, selamat berkreasi dengan aman,

      Delete
  4. keren, akhirnya ada ide mau buat pvc air soft,. eh ternyata malah nyasar kemari.. tapi gak salah alamat nih. memang ini yg saya cari..
    Thanks Admin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang, semoga informasi yang kami sajikan cukup bermanfaat dan membantu. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Jika berkenan silakan cantumkan link hasil karya Anda. Selamat berkreasi dengan aman. Salam kreatif

      Delete
  5. Gan...buat pipa alumuniumnnya bisa diganti apa biar hemat dan gampang nyari ?
    Kalo beli bekas ersof kayaknya mahal dan jadi susah nyari gan...
    Pengennya bener bener home made dengan alat dan bahan alakadarnya...
    Mohon infonya ya gan....makasih

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com