Ad by Google

14 January 2013

Mengenai Airsoft

Menurut wikipedia, permainan airsoft bermula dari dari Jepang pada tahun 1970-an karena di negara tersebut kepemilikan senjata api sungguhan oleh masyarakat umum sangat sulit atau hampir tidak mungkin. Untuk mengakomodasi peminat senjata api akhirnya diciptakanlah permainan simulasi kegiatan militer atau polisi menggunakan replika senjata api yang disebut airsoft gun.


airsoft, gun, permainan, pengertian, definition, wikipedia
Airsoft merupakan kegiatan rekreasional yang dilakukan dengan cara saling mengenai lawan main menggunakan proyektil berupa bola-bola plastik berukuran 6mm yang ditembakkan dari senapan replika. 

 Melalui permainan airsoft para pencinta senjata api dapat menyalurkan secara positif hasrat membidik dan menembak sasaran, merasakan sensasi pertempuran dan adrenalin yang dikeluarkan tubuh saat melakukan simulasi tempur.

Hal utama yang menjadi acuan permaian ini adalah kesenangan dan keamanan, dimana dalam permainan airsoft ada peraturan dan etika yang harus dipatuhi agar diterima dalam masyarakat airsofter. Pelanggaran peraturan dan etika akan menimbulkan resiko kemanan diri dan orang lain serta dapat memicu pengucilan dari pergaulan airsofter.

Permainan airsoft menggunakan sarana utama replika senjata api dengan skala 1:1 dan tampilan luar yang mirip dengan aslinya. Semakin mahal suatu unit airsoft umumnya semakin bagus kualitas dan tingkat kemiripannya. Walaupun mirip, cara kerja airsoft sebagai replika tentu sangat berbeda dengan senjata asli. Senjata api asli melontarkan proyektil dengan tenaga gas yang dihasilkan oleh reaksi pembakaran bahan pendorong di dalam selongsong peluru. Unit airsoft melontarkan proyektil menggunakan udara atau zat gas lainnya. Proyektil airsoft  gun berupa bola-bola kecil yang umumnya terbuat dari plastik dan disebut BB.

Berdasar tenaga pendorong proyektil BB, unit airsoft gun dapat dibagi menjadi: spring powered, electric powered dan gas powered. Airsoft gun spring seperti namanya menggunakan tenaga pegas atau per yang ditekan. Saat tekanan dilepaskan, pegas ini akan mendorong piston ringan yang  mampu menciptakan udara bertekanan cukup untuk mendorong BB hingga kecepatan tertentu. Airsoft gun jenis ini harus selalu dikokang terlebih dahulu sebelum dapat menembakkan BB.

Airsoft gun electric powered menggunakan dinamo yang digerakkan oleh tenaga baterai yang dapat menekan pegas berulang-ulang sehingga umumnya tidak harus selalu dikokang setiap akan menembakkan 1 buah BB.

Airsoft gun gas powered menggunakan zat gas bertekanan tinggi yang ditampung dalam sebuah tabung dengan kapasitas tertentu dan dikeluarkan sedikit demi sedikit, sehingga sekali pengisian atau penggantian tabung dapat digunakan untuk menembakkan BB berulang kali.

Proyektil yang digunakan untuk permainan airsoft memiliki diameter standar 6mm dengan berbagai variasi berat: 0.12gr, 0.25gr, 0.30gr (terbuat dari plastik) bahkan hingga 0.8gr (terbuat dari bahan lebih keras seperti logam atau kaca). BB yang lebih berat memiliki momentum yang lebih besar sehingga sangat berbahaya jika digunakan untuk war game.

Sekali lagi, kemamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan karena seperti permainan yang lain, airsoft bertujuan untuk mendapatkan kesenangan dan hal positif lainnya.

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com