Ad by Google

17 January 2013

Memanfaatkan Botol Plastik untuk Membuat Airsoft Gun dari PVC

Dalam artikel "Prinsip Kerja Dasar Airsoft Gun dari Pipa PVC" telah disebutkan bahwa salah satu bagian penting dari project DIY kita ini adalah air chamber. Model airsoft gun yang kami bahas ini memerlukan sebuah air chamber yang akan penampung udara udara bertekanan. Udara bebas yang dimampatkan ke dalam penampung udara ini akan mampu mendorong proyektil setelah memiliki tekanan cukup tinggi, sekitar 40 psi.

Kandidat bahan yang akan kami gunakan dalam proyek kali ini adalah botol plastik. Ya, sekali lagi botol plastik. Mungkin Anda masih bingung, ragu-ragu, atau tidak percaya bahwa botol plastik yang akan kita gunakan sebagai air chamber penampung udara bertekanan.

Untuk mengurangi keraguan Anda, kami akan sampaikan beberapa hal mengenai botol plastik. Botol plastik minuman, umumnya dibuat dengan proses blow molding. Sesuai nama prosesnya, sebuah tabung plastik yang disebut pre form akan dipanaskan kemudian 'ditiup' sehingga bentuk luarnya mengikuti bentuk cetakan. Dalam suhu yang cukup tinggi tabung plastik ini cukup lunak untuk dapat mengembang saat ditiup dengan tekanan yang cukup tinggi hingga 125 psi.

Dalam literatur disebutkan bahwa minuman berkarbonasi (soda) memberikan tekanan internal sekitar 60 psi kepada botol saat dalam kondisi masih tersegel. Mengacu kepada hal ini, tekanan 40 psi secara logika masih sanggup untuk ditahan oleh botol jika digunakan sebagai air chamber.  Mungkin ada pertanyaan, berapa tekanan maksimal yang dapat ditahan? Kami belum pernah melakukan pengujian dan saat ini belum menemukan literatur yang dapat dijadikan acuan. Kekuatan masing-masing jenis botol mungkin berbeda, namun kami sarankan untuk tidak melebihi 60 psi.

Botol plastik dibuat melalui proses blow molding dan botol minuman bersoda didesain untuk mampu menahan tekanan internal 60 psi.

Ukuran tekanan di atas kami harap tidak dijadikan acuan angka aman secara umum, dan  kami tidak memberikan jaminan maupun bertanggung jawab atas resiko cedera dan lain-lain. Do it at your own risk ! Sangat membantu jika Anda mengunakan alat pengukur tekanan udara seperti yang biasa digunakan tukang tambal ban, agar dapat menentukan tekanan udara yang diperlukan.



Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

4 comments:

  1. wah keren tipsnya dengan tips kyak gni kita dapat memanfaatkan barang bekas atau mendaur ulang dan mengurangi sampah anorganik diolah menjadi barang unik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk apresiasi yang diberikan. Memang sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah. Dari mengurangi konsumsi barang-barang yang berpotensi menimbulkan sampah, menggunakan kembali kemasan plastik, hingga mendaur ulang menjadi bahan baku kembali. Memanfaatkana barang bekas menjadi barang lain yang lebih berguna (upcycling) ternyata dapat memberikan manfaat bagi lingkungan juga memberikan kesenangan (rekreasi) :-) Salam

      Delete
  2. bagus tips nya namun saya mau tanya saya ada niat bikin namun saya akan pergunakan pipa paralon kira2 itu lebih kuat nahan tekanan angin apa tidak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pipa paralon (pvc) lebih kuat karena lebih tebal, dengan catatan kualitasnya bagus, dan penyambungan benar serta teliti. salam kreatif

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com