Ad by Google

07 October 2014

Firing Report Laras Alternatif untuk Airsoftgun PVC

Setelah me-release artikel "Membandingkan Laras Alternatif untuk Airsoft Gun" pada bulan September 2014 kemarin, baru kali ini kami sempat membuat artikel mengenai Firing Report. Pengujian sebenarnya sudah kami lakukan pada pertengahan bulan September, namun banyak kegiatan lain yang membuat kami baru sempat menunaikan janji. Ya, janji adalah janji dan kami berupaya memenuhi.

Membandingkan 4 laras alternatif secara visual.
Langsung saja kita mulai. Kami memiliki 4 (empat) kandidat laras alternatif untuk direview. Laras A adalah inner barrel bekas mainan airsoft LPEG (Low Powered Electric Gun), bahan aluminum panjangnya sekitar 10mm. Laras B dari pipa aluminum dengan panjang 50mm. Laras C bekas mainan airsoft 50ribuan. Bagaimana dengan laras D, inilah kandidat yang kami jagokan: pipa plastik/PVC dengan panjang 50cm+.

Tahap pengujian:
  1. Perbandingan visual: dapat dilihat bahwa gap (celah) antara proyektil BB plastik 6mm dengan dinding bagian dalam alternatif inner barrel pada gambar di atas berbeda-beda. Laras A, C dan D memiliki celah yang lebih sempit dibandingkan B. Hal ini karena diameter dinding dalam laras B sedikit lebih besar dibandingkan yang lain. Selanjutnya kami memutuskan untuk membandingkan laras B dan D dengan berdasar pertimbangan panjang optimal pipa laras, relatif mudah didapat, dan harga yang relatif terjangkau.
  2. Hipotesis: pipa plastik D yang lebih fit dengan diameter proyektil BB plastik 6mm dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam hal daya dorong, pada tekanan udara tabung yang sama.
  3. Firing Test: idealnya test dilakukan dengan alat ukur berupa shooting chronograph, berhubung alat tersebut tidak tersedia maka kami akan menggunakan poorman's shooting chronograph dari kaleng minuman ringan (misal: c*#a c*^a). Laras yang dapat membuat bekas lebih dalam pada kaleng bekas soft drink dapat dikatakan memiliki performa lebih bagus. Catatan: jenis BB, tekanan udara tabung dan jarak yang digunakan pada masing-masing pengujian adalah sama. Kami menentukan area benturan BB plastik dengan dinding kaleng untuk laras B dan D, menembakkan proyektil pada masing-masing posisi lalu mengulang sekali lagi.
  4. Interpretasi: berdasar pengujian yang kami lakukan dengan menembakkan proyektil BB plastik 6mm jenis dan merk yang sama dari laras B dan D pada dinding kaleng minuman ringan, menggunakan tekanan udara tabung 35psi dan jarak ujung laras dengan kaleng +/- 5cm, terlihat bahwa laras D menunjukkan performa jauh lebih bagus dibandingkan laras B
Hasil benturan proyektil dengan dinding kaleng dari
laras alternatif B dan D, jarak 5 cm, tekanan tabung 35psi.
Demikian Firing Report kami, semoga bermanfaat bagi kreatifitas kita. Selamat berkreasi dengan aman. Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

9 comments:

  1. Informasi lebih lengkap mengenai pipa laras alternatif untuk airsoft gun PVC tersebut dapat dipelajari di link berikut:
    http://www.kaskus.co.id/thread/53f0cc75de2cf2fc3f8b465c/laras-alternatif-untuk-airsoft-gun-pvc

    ReplyDelete
  2. gan bisa kagak klo di belakang nya pake petasan spirtus isa kagak

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teknis bisa, tapi perlu lebih hati2 karena sudah melibatkan bahan bakar dan api :-(

      Delete
  3. Gan bagus nya sih laras plastik daripada laras besi lebih terjangkau harganya tapi kelemahan nya cepat rusak..... benar kah itu gan....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. laras plastik masih cukup memadai menurut kami.

      Delete
  4. gan tulisan mu jadi menambah inspirasi buat saya.
    ni saya agung dari bandar lampung, saya pecinta senapan angin. tapi saya lebih suka kalau senapan angin rakitan sendiri dg proyektil pakai kelereng.. yang bikin masalah, disini sulit sekali mencari pipa besi yang pas buat kelereng,
    kau ada koleksi gak gan?
    kalau ada saya maulah pesan panjang 1 meter kalau ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan Agung Prasetyo, diameter kelereng berapa mm gan? barang kali pas nemu :-)

      Delete
  5. untuk kelereng 16mm, pas dengan pipa PVC 1/2 inc yg AW warna abu2 merek maspion, jangan yg uPVC /warna putih

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com