Ad by Google

27 September 2014

Membandingkan Laras Alternatif untuk Airsoft Gun

Hal yang paling menantang dalam membuat senapan mainan airsoft menurut kami adalah menemukan laras yang tepat. Bukankah dapat membeli laras airsoft 'sungguhan'? Memang bisa tapi tetap saja harganya menantang, setidaknya untuk merogok dompet lebih dalam :-) Bersyukur ada seorang teman yang sangat baik hati, menghibahkan laras airsoft kuningan sejak awal dimulainya blog ini. Sumbangan yang sangat berarti karena membuat kami dapat lebih berkonsentrasi pada sistem pneumatic, bukan pada laras.

Jika pada akhirnya kami berusaha menemukan laras alternatif, pendorong utamanya adalah membantu para pembaca yang ingin bereksperimen dengan biaya lebih terjangkau. Sedotan minuman sudah kami coba gunakan sebagai alternatif inner barrel airsoft gun yang murah meriah. Pada dasarnya sedotan plastik dapat digunakan, tapi belum cukup memuaskan kami.

Ukuran yang tidak selalu seragam membuat laras alternatif dari sedotan tersebut terlalu sempit atau kadang justru terlalu longgar. Terlalu sempit mengganggu laju proyektil BB plastik airsoft gun, terlalu longgar juga membuat kompresi bocor. Dinding sedotan yang tipis juga membuat laras rawan pecah, hal ini sangat merepotkan.

Laras airsoft gun alternatif untuk di bandingkan.
Ibarat pepatah 'pucuk dicinta ulampun tiba', sesorang pembaca menawarkan kepada kami untuk mereview pipa PVC dengan ukuran sedikit lebih besar daripada diameter BB 6mm. Sepintas pipa tersebut dapat menjadi laras alternatif yang cukup menjanjikan dan dapat membantu komunitas penggemar utak-atik airsoft DIY dari pipa PVC. Langsung kami sanggupi untuk mereview dan membuat FR ('Firing' Report) :-)

Singkat cerita, kandidat laras airsoft gun PVC telah kami terima dan kami susun langkah untuk melalukan review sebagai berikut:
  1. Membuat perbandingan visual antara beberapa inner barrel airsoft gun yang kami punya. Tujuannya untuk melihat seberapa besar celah antara dinding bagian dalam dengan diameter BB plastik 6mm.
  2. Membuat hipotesis sederhana, calon inner barrel yang baru kami terima tersebut akan menunjukkan performa lebih baik atau lebih buruk dibandingkan laras alternatif airsoft kami yang lain.
  3. Melakukan Firing Test, untuk membandingkan performa 2 inner barrel alternatif pada unit airsoft PVC yang sama dengan tekanan udara tabung yang sama pula (X Psi). Karena tidak tersedia chrono, maka kami akan menggunakan kaleng aluminum bekas minuman ringan.
  4. Membuat interpretasi hasil pengujian
  5. Membuat artikel menganai hasil pengujian sederhana yang kami lakukan.
Ikuti dan baca terus artikel kami, like fans page kami di http://facebook.com/duckgunov, jadilah teman melalui account kami di http://facebook.com/eskapea.duckgunov. Atau jika ada di antara pembaca yang budiman ingin memberikan donasi atau bekerjasama dengan kami silakan hubungi email pvcairsoftgun@gmail.com.

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

3 comments:

  1. wah kebetulan ane pemula di airsoft gun :) makasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com