Ad by Google

11 September 2013

Lazy Breech untuk Universal Pneumatic Launcher

Setelah menyelesaikan project selingan Universal Pneumatic Launcher (UPiL) dengan bahan pipa bekas lemari pakaian dan  tabung dari botol softdrink, akhirnya kami mengerjakan satu project lagi yang serupa. Secara umum tidak ada perbedaan denga project  UPiL sebelumnya, hanya tabung kompresi dibuat mengguanakan bahan pipa PVC 1 1/4 inch dan pentil yang dipasang di belakang bukannya di samping.

Sebetulnya posisi pentil di samping akan lebih nyaman dan memudahkan saat mengisikan udara bertekanan, bisa menggunakan pompa samping. Mengapa tidak dilakukan? Karena kami sedang agak malas, mengingat penempatan pentil di samping memerlukan usaha lebih banyak :-)

Kemalasan kami juga tercermin dari desain breech. Begitu malasnya kami membuat breech menggunakan Tee yang diberi lubang, sehingga hanya memasangkan pipa laras besi ke potongan kecil pipa PVC 1/2 inch dan memperkuatnya dengan lem panas (hot glue). Untuk menggunakan tinggal mencabut laras, mengisikan proyektil (apapun, potongan kentang, lilin mainan, biji buah kelengkeng, permen juga bisa) lalu memasangkan lagi ke valve socket yang tersambung ke keran pemicu.

Konsekuensi yang harus kami tanggung dari membuat lazy breech ini, bagian laras harus dipegang saat akan menembak sebagai antisipasi kalau ikut terbang :-) Namun ternyata kemalasan tersebut memberikan berkah juga, kami jadi dapat membuat beberapa buah laras berbeda diameter maupun panjang. Intinya, UPiL menjadi semakin universal :-)






Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

8 comments:

  1. kalo larasnya dibuat dr bahan apa mas? . Saya rencana mau bikin laras yg 80cm tp bingun karena nggak ada pipa yg diameter dalamnya 6mm. . Bisa bantu saya.
    Rencana mau bikin model sniper rifle.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menarik ide membuat senapan mainan model sniper dengan laras sepanjang 80cm. Kalau sudah lebih serius seperti itu menurut kami lebih baik menggunakan laras airsoft custom agar ruang pengembangan ke depannya dapat lebih luas. Selamat berkreasi dengan aman.

      Delete
  2. gan klu kran air di ganti tembakan kompresor kuat kh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airgun kompressor biasa digunakan pada tekanan 60 psi, dan pasti kekuatan maksimalnya di atas itu. seharusnya kuat. salam kreatif.

      Delete
  3. Replies
    1. wah jadi malu sama juragan gejluk pare. salam kenal.

      Delete
  4. kayaknya model ini juga dipake dibebrapa film efek untuk membuat ledakan teruama dalam melempar serpihan. bisa gak ya mas kalo untuk pemicunya misalnya make selang regulator agar bisa dikendalikan dari jarak jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mekanisme yang diinginkan mungkin mirip confetti canon, ada yang pakai tenaga listrik juga. untuk ukuran besar misal untuk meriam pelontar kentang, sering digunakan QEV (Quick Exhaust Valve) atau sprinkler valve yang dimodifikasi.
      salam kreatif

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com