Ad by Google

14 May 2013

Mengembangkan Airsoftgun PVC Multi Shot

Membuat ide desain airsoft gun pipa PVC sederhana, merealisasikan rancangan menjadi sebuah prototype kemudian meningkatkan performa menjadi DUCgunov ver 1.0 yang menunjukkan hasil memuaskan saat di-test ternyata membuat kami semakin menyukai project semacam ini.

Rencana pengembanan kami selanjutnya adalaha membuat sebuah unit airsoft DIY yang dapat digunakan menembak beberapa kali dengan satu kali pengisian. Meminjam istilah dari dunia airgun (senapan angin), kemampuan seperti ini sering disebut multi shot.

Sebuah airsoft gun buatan pabrik, bertenaga gas dan electric pada umumnya memiliki kemampuan multi shot. Namun, bagaimana caranya membuat airsoift gun rumahan dapat mempunyai kemampuan multi shot?

Kami bereksperiman dengan tetap mengacu kepada desain sederhana airsoftgun versi homemade. Hal berbeda yang akan kami lakukan adalah menambahkan satu buah keran yang akan berfungsi mekanisme pengokang (cocking mechanism). Mekanisme ini pada dasarnya akan menyalurkan udara bertekanan yang tersimpan di tabung utama (main chamber) ke dalam ruang yang lebih kecil, kemudian mengunci kembali agar udara bertekanan di tabung utama tidak turut terbuang saat keran pemicu dibuka.

Menambahkan keran untuk menyalurkan udara bertekanan
dari tabung utama sedikit demi sedikit.




Kami berharap unit airsoft tersebut nantinya dapat beberapa kali melontarkan proyektil BB 6mm 0.2 gram dengan kecepatan yang cukup konsisten. Apakah memungkinkan? Kita tidak akan tahun jika tidak mencoba :-)

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com 

6 comments:

  1. infonya sangat bagus ..
    mkasih salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, selamat mencoba jika berminat.

      Delete
    2. usulan,klo bisa inner barel nya agak kecilan,biar si bullet 6mm nya gak langsung keluar..aku nyoba hasilnya juga lebih kenceng..

      Delete
    3. Diameter lingkaran dalam inner barrel yang pas dengan ukuran proyektil tentu akan meminimalkan kebocoran kompresi sehingga laju bb akan lebih optimal. Jika berkenan silakan share hasil karya Anda. Salam kreatif.

      Delete
  2. dijual ke mahasiswa buat demo laku! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau untuk demo baris-berbaris, demo lintasan proyektil yang parabolik, demo fotografi high speed atau mengukur kecepatan proyektil menggunakan sound card PC sih boleh. Tapi kalau untuk demonstrasi yang berujung anarkis: NO... http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/01/bertangung-jawab-dan-patuhilah-hukum.html

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com