Ad by Google

06 April 2013

Meningkatkan Performa Airsoft Gun Pipa PVC

Airsoft gun pertama yang kami buat menggunakan botol plastik sebagai air chamber sekaligus popor. Memang berdasarkan pengujian sederhana kami botol tersebut sudah cukup memadai untuk menyimpan udara bertekanan 40-60 psi. Bahkan kami mendapatkan referensi berupa video yang menunjukkan botol bekas minuman berkarbonasi memiliki kemampuan maksimal menahan tekanan udara hingga 120 psi. Namun kami masih ingin meningkatkan performa DIY airsoft gun tersebut.

Ide kami adalah mem-pensiun-kan botol plastik yang sudah memberikan kontribusi dalam home made airsoft gun project ini. Selanjutnya kami akan menggunakan pipa PVC sebagai air chamber yang berfungsi juga sebagai popor atau butt stock. Bahan yang kami gunakan sebagai berikut:
  • Pipa PVC ukuran 1-1/4 inch
  • Reducer Socket ukuran 1-1/4 x 1/2 inch
  • End cap ukuran 1-1/4 inch
Kami memilih pipa ukuran 1 1/4 inch untuk penampung udara berdasarkan pertimbangan kapasitas (volume) dan faktor estetika. Kami menganggap ukuran pipa yang lebih kecil membatasi volume udara yang dapat dimampatkan, sedangkan ukuran yang lebih besar membutuhkan upaya memompa yang lebih banyak sehingga kurang praktis. Selain itu, ukuran 1-1/4 inch kami rasa paling ideal dan serasi saat dipadukan dengan pipa 1/2 inch yang berfungsi sebagai shroud sekaligus kerangka senapan airsoft rumahan ini.


Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com 

4 comments:

  1. gan mau tanya ,itu yg didepan kran.ny itu kan bolong emang angin.ny gx kluar...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan kran picu memang bolong, sebagai breech, pintu memasukkan proyektil bb plastik 6mm. angin bisa diminimalisir kebocoran dengan menggunakan semacam seal. cara sederhana dapat menggunakan pipa plastik bekas spidol atau ballpoun yang ukurannya sesuai dengan diameter luar inner barrel, jadi inner barrel bisa masuk namun cukup ketat.

      http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/07/panduan-ringkas-membuat-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  2. bagian yg paling sulit bagi saya adalah laras yg muat/pas dan tidak ada kebocoran untuk memasukan peluru bb. yg ujungnya tajam yg biasa digunakan oleh senapan angin.saya membuat ini untuk membunuh tikus yg suka mangsa ayam saya.tapi bahan larasnya jgn sulit-sulit y hehehehhe..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airsoft gun sesuai peruntukannya sebagai sarana olah raga dan rekreasi menggunakan proyektil berupa BB plastik 6 mm, agar tidak berbahaya jika digunakan dengan benar dan dilengkapi dengan perlindungan yang memadai bagi para pemainnya. Senapan angin menggunakan mimis atau pellet dari timah berukuran 4,5 mm. Airsoft gun dan air gun juga sangat berbeda dalam hal 'power' yang dihasilkan untuk mendorong proyektil. Pada dasarnya, laras dapat dibuat dari berbagai benda yang berbentuk pipa panjang, tinggal disesuaikan dengan ukuran proyektil yang akan dipakai. Sayang sekali kami tidak secara khusus membahas mengenai penggunaan senapan mainan buatan sendiri ini untuk berburu atau mengendalikan hama. Selamat berkreasi.

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com