27 June 2013

Melanjutkan Proyek PVC Airsoft Gun Multi Shot

Mengerjakan project Do It Yourself airsoft gun dari pipa PVC memang mengasyikkan dan membuat ketagihan :-) Tidak puas dengan menyelesaikan DUCKgunov ver 1.0, kami melanjutkan dengan project DUCKgunov Ver 2.0 dengan target dapat menjadi sebuah unit home made airsoft dengan kemampuan multishot. Walaupun rancangan kami belum menunjukkan hasil yang memuaskan sebagai unit airsoft multishot dengan power output yang stabil untuk melontarkan proyektil BB 6mm, namun kami tidak menyerah begitu saja.

Volume air chamber sekunder (ruangan diantara 2 keran) yang kurang besar membuat shot ke dua dan seterusnya terasa sangat kurang bertenaga dibanding shot pertama. Rencana perbaikan adalah dengan memperbesar volume tabung di antara kedua keran (keran pengisi dan keran pemicu). Volume air chamber sekunder yang semakin besar tentu akan mengurangi jumlah shot, sehingga mungkin diperlukan perbesaran air chamber primer. Alternatif lain adalah menghubungkan katup pengisi (pentil) dengan tabung angin atau kompresor angin.

Lalu bagaimana dengan DUCKgunov ver 2.0 yang sudah 'terlanjur' dibuat? Kami tidak menganggapnya sebagai produk gagal. Alih-alih membongkar untuk memanfaatkan bagian-bagiannya, kami melakukan improvisasi dengan memanfaatkan keran pengisi sebagai safety feature. Cara kerja yang sangat sederhana, ketika keran ditutup maka keran picu tidak akan mendapatkan pasokan udara bertekanan sehingga senapan tidak berfungsi.

Dengan pistol grip seperti ini, DUCKgunov ver 2.0 tampak cukup keren bukan? :-)

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

12 June 2013

Review Airsoft Gun PVC Multi Shot

Kami telah berusaha untuk mengembangkan desain airsoft gun PVC yang multi shot atau dapat digunakan untuk menembak beberapa kali dengan satu kali pengisian tabung udara. Improvement kami lakukan dengan menambahkan satu buah keran yang akan 'membagi' udara bertekan dari tabung utama ke ruangan yang berukuran lebih kecil.

Kami menempatkan keran tambahan tepat di belakang keran yang berfungsi sebagai pemicu. Jarak yang sangat dekat di antara kedua keran tersebut kami harap dapat memberikan jumlah repetisi tembakan yang lebih banyak. Namun hasil pengujian belum memuaskan kami. Konfigurasi yang kami pilih ternyata belum dapat menghasilkan tenaga yang kami harapkan dari setiap tembakan. Dalam mode multi shot, proyektil BB airsoft 6 mm meluncur terlalu pelan. Hipotesa kami, power yang terlalu kecil tersebut disebabkan oleh volume ruang antara kedua keran atau karena tekanan udara di tabung utama kurang tinggi.

Jarak antar keran mempengaruhi volume ruang, jumlah repetisi dan tenaga masing-masing tembakan.

Rencana perbaikan kami (sekaligus saran kepada pembaca) adalah memberikan jarak yang cukup antara kedua keran sehingga volume ruang antara kerdua keran lebih besar, dengan konsekuensi jumlah tembakan efektif akan berkurang.

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com