Ad by Google

02 August 2013

Breech untuk Airsoftgun PVC

Kami sudah membuat artikel berisi rangkuman langkah-langkah membuat airsoft gun home made, namun rupanya masih ada pembaca memerlukan bantuan lebih detail mengenai breech yang berfungsi sebagai tempat memasukkan proyektil BB 6 mm. Gambar-gambar berikut ini kami harap dapat membantu menjelaskan desain dan cara kerja breech yang sudah kami buat dan gunakan pada DUCKgunov ver 1.0

Pada gambar di bawah terlihat bahwa saat akan mengisikan proyektil posisi laras didorong maju.Perlu diingat, laras didesain dapat bergerak lancar maju mundur di dalam shroud.



Setelah mengisikan BB 6mm, laras kembali ditarik mundur kemudian dikunci.


Mekanisme pengunci laras menggunakan clamp selang dan sebelumnya dibuatkan notch (takik atau terukan), seperti terlihat pada gambr di bawah ini.


Demikian penjelasan dari kami, semoga membantu pembaca yang ingin berkreasi dengan airsoft gun PVC.

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com

20 comments:

  1. Assalamu'alaikum mas.
    Sebelumnya saya ingin bertrima ksh bnyk atas pnjelasan mas sbelumny mngenai airsoft gun yng mnggunakan 2 buah stop kran, yng alhamdulillah sdah sya mngerti stelah pnjelasan dri mas.

    slanjutnya saya msh krang jelas dan "tidak mngerti" atas pemasangn dan bahan2 tntng pembuatan Breech.
    sekiranya, mas bsa memposting dan meng upload image breech yng blum dipsang, dan mmberi pnjelasan scara detail dan rinci tntng bahan serta pemasanganny agar saya yng msh awam ini mngerti dan dpt mlanjutkan pembuatan airsoft gun yng mas ajarkan...!

    maaf, krna say msh krang paham atas gmbar diatas.
    Mohon atas pnjelasanny.
    wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. sambungn dari koment saya di atas mas.
    Stelah sya download dan perbesar gmbar yng ke 2 yaitu :



    2.bp.blogspot.com/-lzJwM4FQ5lU/Uft5D5n_pCI/AAAAAAAAAMY/x554S0R_mfw/s1600/PVCairsoftgun+-+Breech+Open.JPG



    dstu letak kebingungan saya mas.
    Krna saat di majukan breech tsbt, otomatis ruang untk memasukkan BB trbuka dan pipa antra breech dan laras ntk melaju peluru akan bertemu dan mnyatu.
    Tapi, pada saat di tutup dan di tarik mundur untk mngunci.
    Pasti dlm pipa T akn ada ruang dan akan ada jarak atau parit antra breech dan laras untk mlaju BB, saat pipa breech di tarik mundur otomatis BB akn jatuh ke dlm pipa T.



    Bgaimna tu mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaalaikum salam, mas arief...
      Syukurlah jika penjelasan kami cukup membantu :-)
      Bila disederhanakan, sebetulnya Tee pvc hanya berfungsi untuk 'mengunci' agar laras tetap paa tempatnya, menancap di ujung keran pemicu.
      Fungsi lain adalah untuk 'memegang' pipa pvc yang menjadi 'shroud' (selubung) laras.
      Rangkaian keran + Tee + Pipa 'shroud' diharapkan dapat menjaga agar arah laras dapat konsisten.
      Khusus mengenai laras, desain yang kami pakai menggunakan 'inner barrel' airsoft gun dengan diameter dalam 6mm yang 'dibungkus' dengan pipa aluminium yang diameter luarnya sesuai dengan diameter dalam pipa 'shroud'.
      Jadi inner barrel + pipa aluminum akan bergerak bersama2 saat 'kunci' berupa clamp selang digerakkan maju atau mundur.
      Semoga penjelasan kami cukup membantu, selamat berkreasi.

      Delete
  3. asalamu'alaikum gan terima kasih atas penjelasannya tapi saya masih agak bingung dengan breech apa peluru yang dimasukan ke breech tidak terjatuh jika ditembakan ke posisi yang lebih rendah,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
      Untuk mencegah bb yang dimasukkan langsung meluncur keluar laras, agan bisa melakukan dengan 2 cara. cara mudah dan yang rumit.
      Cara yang mudah misalnya dengan menempelkan potongan kecil selotip di pangkal laras, atau memberikan sedikit lem acrylic (su**r glue atau al**co).
      Diameter dalam laras sekitar 6,03mm dan diameter BB 6mm, dengansedikit cara ala mac gyver dia atas seharusnya bisa membantu.
      Cara yang rumit tidak perlu lah ya, kan ada yang mudah :-)

      Delete
  4. Bang Bisa Dijelasin Lewat Video gk cara ngebuat breech'a...!
    soalnya masih gk ngerti Bikin breech yang bisa open close kaya gitu...!
    please,,,,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas, menunggu artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/12/membuat-breech-senapan-mainan-pvc.html siap. Silakan dibaca :-) Selamat berkreasi.

      Delete
  5. Gan kalo potong tee nya pakai apa ya soalnya kalau pakai gergaji besi susah potongnya trus hasilnya gak bagus , tolong penjelasannya ya gan: D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami juga menggunakan gergaji besi untuk membuat contoh pada artikel http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/12/membuat-breech-senapan-mainan-pvc.html Setelah terbentuk, selanjutnya diratakan dan dihaluskan menggunakan kikir dan ampelas (kertas gosok). Selamat berkreasi.

      Delete
  6. jd pngn tp masih kbingungan d laras nya agak susah nyari yg diameter 6mm klo bli laras pnyA airsoft gun alsi g trus brapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laras airsoft ukuran ada yang jual di forum online, ini salah satunya (note: pvcairsoftgun.blogspot.com tidak berafiliasi atau bekerjasama dengan seller) silakan dievaluasi dan dihubungi sendiri. https://www.bukalapak.com/p/hobi/mainan/airsoft/vxur-jual-inner-barrel-pdw-bison-40cm

      Delete
    2. Laras airsoft gun PVC ari sedotan plastik pvcairsoftgun.blogspot.com/2014/01/laras-alternatif-untuk-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  7. terimakasih gun infonya,itu yg biru buat nguncinya ap y gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan,gan sebenarnya gak pakai laras juga bisa kan

      Delete
    2. Pengunci laras, menggunakan hose clamp (pengencang selang) yang biasa digunakan pada tabung / kompor gas. Salam kreatif. http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2014/01/hose-clamp-pengunci-laras-senapan-pvc.html

      Delete
    3. Tidak pakai laras (maksudnya tanpa laras airsoft) juga bisa, tapi ukuran proyektil menyesuaikan. Untungnya menggunakan BB airsoft sebagai proyektil adalah ukurannya seragam, bobot yang ringan, dan relatif aman. Selamat berkreasi dengan aman. Salam kreatif.

      Delete
  8. mas
    saya mau nanya, apakah senapan PVC ini bisa kita isi dengan peluru/mimis seperti layaknya senapan angin biasa mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal larasnya pakai yang sesuai dengan ukuran proyektil seharusnya bisa mas, tergantung pula pada tekanan angin yang digunakan. perlu dicatat kemampuan material pvc jauh di bawah material logam, jadi tekanan 'tidak berani' terlalu besar. hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran mimis senapan angin sering kali tidak presisi sehingga gesekan dengan laras sangat besar, bisa diatasi dengan menyeragamkan ukurannya (uniforming) menggunakan laras dan didorong kawat agar ukurannya lebih pas dengan ukuran laras. selamat berkreasi dengan aman. salam kreatif

      Delete
  9. Mau nanya agar peluru tidak jatuh kebawah atau masuk kedalam bagaimana?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara paling sederhana adalah memasang ganjal di antara keran dan posisi BB :-) di 'mulut' inner barrel bisa diberi sedikit selotip, atau diberi lem super, sekedar agar BB tidak lari, jadi jangan terlalu ketat juga.

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com