Ad by Google

08 February 2013

Tes Kemampuan Botol Plastik Menahan Tekanan Udara

Pada artikel sebelumnya berjudul Memanfaatkan Botol Plastik Untuk Membuat Airsoft Gun dari PVC kami sudah menuliskan sedikit mengenai proses pembuatan botol plastik minuman yang umumnya menggunakan teknik blow molding. Pada dasarnya teknik ini dilakukan dengan 'meniup' bahan botol berupa preform dan dibantu dengan suhu yang cukup tinggi sehingga plastik bersifat relatif lunak.

Karena botol plastik dibuat dengan menggunakan tekanan dan suhu yang cukup tinggi, secara logika setelah jadi juga mampu menahan tekanan udara jika digunakan untuk membuat airsoft gun.Untuk menjawab dugaan tersebut kami melakukan test sederhana dengan memompakan udara ke dalam botol plastik minuman Pu*py Orang*. Minuman tersebut bukanlah jenis karbonasi, sehingga botol memang tidak didesain khusus untuk menahan tekanan gas dari isi botol.

Pemilihan botol minuman ini sebagai bahan uji coba sebenarnya tidak didasari pertimbangan khusus, namun lebih berdasar ketersediaan bahan dan ukuran yang tidak terlalu besar jika nantinya benar-benar digunakan untuk membuat project airsoft gun.

Langkah sederhana yang kami lakukan untuk melakukan test sebagai berikut:
  1. Siapkan botol minuman, lengkap dengan tutupnya.
  2. Siapkan pentil ban. Dapat memanfaatkan ban dalam bekas dari sepeda, motor atau mobil. 
  3. Lubangi tutup botol seukuran pentil sepeda, akan lebih rapi jika menggunakan bor.
  4. Masukkan pentil ke dalam lubang yang sudah dibuat, tambahkan lem cair ataupun glue gun jika diperlukan.
  5. Pasangkan tutup ke botol, beri tekanan menggunakan pompa tangan ataupun kompresor.
  6. Pada tekanan yang cukup tinggi, botol akan mulai mengalami deformasi atau berubah bentuk menjadi lebih 'berisi' atau mengembung. Harap hati-hati karena tekanan yang berlebihan dapat membuat botol meletus layaknya balon hijau :-)
  7. Ukur tekanan botol.
  8. Untuk mengetahui adanya kebocoran dapat dilakukan dengan cara direndam dalam air.
  9. Botol dapat disimpan beberapa hari untuk melihat apakah menjadi kempis yang menandakan terjadi kebocoran.
  10. Ukur kembali tekanan botol.
Dari langkah percobaan sederhana di atas, kami mencatat bahwa botol plastik yang kami test mampu menahan tekanan sebesar 45 psi. Kami berhenti pada angka tersebut karena hingga saat itu masih 'gelap' mengenai kemampuan botol dalam menahan tekanan. Kami saat itu juga belum ingin mengetahui lebih jauh pada tekanan berapa botol akan dapat meletus.Mengetahui batas maksimal kemampuan botol menahan tekanan udara menurut kami cukup penting untuk menetapkan angka aman tekanan udara yang boleh digunakan.

test, botol plastik, kemasan minuman, tekanan udara
Botol plastik bekas minuman Pu*py Orang* ini mampu menahan tekanan 45 psi dan sudah mulai mengalami deformasi (perubahan bentuk) menjadi lebih kembung :-)

 Kami menyimpulkan bahwa botol minuman jenis tersebut dapat digunakan sebagai air chamber dalam project airsoft gun PVC kami. Harap dicatat bahwa langkah pengujian ini tidak melibatkan jumlah sample yang cukup sehingga kemampuan masing-masing botol dapat berbeda.Aktifitas yang diperlukan untuk melakukan pengujian ini juga memiliki resiko karena mungkin melibatkan alat tajam dan dan udara bertekanan. Selalu berhati-hati, gunakan alat pelindung dan resiko juga menjadi tanggungan Anda sendiri.




Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com


8 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat

      Delete
    2. sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak bangsa. Kalau untuk mengetes kekuatan(mudah pecah atau tidaknya) tutup galon pastik cat caranya bagaimana ya? terimakasih.

      Delete
    3. @mashasto, untuk galon plastik cat logikanya bisa dilakukan dengan cara yang sama. yang akan ditest kekuatan segelnya atau bahan tutupnya? kalau mau test kekuatan segel mungkin dapat menggunakan galon baru, isinya dikeluarkan dengan membuat lubang di dinding galon (bukan membuka segel tutup). jika akan menguji bahan tutup galon maka dapat dicoba dengan membuat tabung pengujian dari bahan yang jauh lebih kuat. selanjutnya tutup galon di pasangkan sedemikian rupa sehingga tidak bocor dan lepas. catatan, perlu sangat hati-hati ketika bekerja dengan udara bertekanan. gunakan alat perlindungan diri yang memadai. alternatif yang lebih aman dapat menggunakan alat hydrotest (silakan googling :p )

      Delete
  2. Replies
    1. terima kasih, semoga bermanfaat. salam kreatif

      Delete
  3. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung,
      semonga bermanfaat.
      salam kreatif

      Delete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com