Ad by Google

26 February 2013

Airsoft Gun Pipa PVC, Gambaran Lebih Detail

Kami sudah membahas mengenai Prinsip Kerja Dasar Airsoft Gun dari Pipa PVC yang pada dasarnya mirip dengan senapan angin atau air gun. Udara dipompakan ke dalam tabung yang disebut air chamber. Pompa yang digunakan dapat bekerja secara manual dengan menggunakan tenaga manusia, tenaga listrik, ataupun tabung penampung udara bertekanan.

Tekanan udara yang cukup tinggi akan mampu mendorong proyektil berupa BB air soft saat mekanisme picu ditarik. Mekanisme picu sederhana dapat menggunakan keran air, tentunya harus memilih keran yang ringan dibuka-tutup. Laras berfungsi sebagai pengarah agar proyektil meluncur terarah menuju sasaran yang dituju. Sesuai nama blog kami yaitu PVC Airsoft Gun yang dibuat untuk dibuat untuk berbagi ide dan kreatifitas dalam membuat unit airsoft gun dari bahan utama pipa PVC, maka laras yang digunakan juga sesuai dengan ukuran bb berdiameter 6 mm.

Beberapa pembaca dan teman di facebook menanyakan cara kerja lebih detail mengenai pembuatan airsoft gun menggunakan pipa PVC, sehingga kami merasa perlu menjabarkan lebih lanjut melalui artikel ini. Menurut pengalaman kami, komponen utama sangat penting dalam proyek DIY (Do It Yourself) ini adalah laras airsoftgun dan bb. Tanpa kedua hal itu, maka klaim sebagai airsoft gun tidak valid sama sekali :-)

Bila Anda sudah memiliki inner barrel bekas/copotan/mutilan (apapun istilahnya) maka tinggal mengembangkan imajinasi dan kreatifitas. Kami sangat senang jika ternyata blog ini cukup membantu memberikan tambahan referensi. Jika anda sudah pernah atau sedang mengerjakan proyek airsoft gun homemade, silakan berbagi pengalaman di forum yang kami sediakan.

Bila belum memiliki inner barrel berukuran standar airsoft gun, dan sekedar ingin menjawab rasa penasaran, maka proyektil lain yang cukup ringan dan memiliki bentuk aerodinamis dapat digunakan. Satu hal yang harus diingat adalah mengutamakan keselamatan.

Bila tetap ingin menggunakan BB airsoft berdiameter 6 mm namun belum memiliki inner barrel (mungkin masih menunggu barang pesanan datang) maka beberapa benda di rumah dapat dicoba digunakan sebagai inner barrel darurat. Laras darurat ini dapat dicoba dengan memanfaatkan barang-barang tidak terpakai seperti pena, spidol, tangkai payung, dan lain-lain.

Syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah lurus, permukaan dalam cukup licin, BB 6 milimeter dapat masuk dan keluar dengan lancar. Syarat tambahan adalah diameter dalam yang sedekat mungkin dengan diameter luar BB. Hingga batasan tertentu, semakin 'pas' ukuran diameter-dalam laras dengan diameter-luar BB akan semakin meningkatkan laju proyektil.

Gambaran lebih detail untuk membuat airsoft gun menggunakan pipa PVC, keran dan botol plastik dan pentil ban (tire valve). Fungsi inner barrel sangat penting, sebagai pengarah jalur lintasan BB 6 mm.

Mungkin Anda langsung bertanya bagaimana cara mengisi airsoft gun buatan rumah ini dengan proyektil atau BB? Karena desain ini masih sangat sederhana, maka cara pengisian jadi lebih ribet (hmm, sebuah paradoks, ya? :-p ) Prosedur untuk menggunakan airsoft gun sederhana ini sebagai berikut:
  1. Buat dulu unit airsoft gun pipa PVC (sudah pasti dong...)
  2. Untuk keamanan, pastikan BB belum dimasukkan ke dalam laras
  3. Pakai kacamata pelindung, sangat disarankan karena proyek kita berhubungan dengan tekanan udara dan proyektil yang dapat memantul.
  4. Pasang pompa, isikan udara ke dalam tabung air chamber hingga tekanan sekitar 40 psi.
  5. Ingin tekanan lebih tinggi? Resiko silakan ditanggung sendiri, pengalaman kami pada tekanan sekitar 60 psi botol sudah mulai berubah bentuk, mulai mengembung. Awas, tekanan terlalu tinggi beresiko membuat botol meletus seperti balon hijau :-)  Safety first, please!
  6. Lepas pompa
  7. Tegakkan unit PVC airsoft, isikan BB 6 mm. Cara pengisian ini dikenal dengan teknik muzzle loading, karena memang proyektil dimasukkan dari ujung laras (muzzle). Persis seperti senapan api generasi awal :-)
  8. Arahkan PVC airsoft gun ke sasaran. Posisi sasaran harus sejajar atau lebih tinggi dari posisi laras. Tanya kenapa? Jika sasaran berposisi lebih rendah daripada ujung laras, maka BB akan meluncur dan jatuh sebelum picu ditarik.
  9. Tarik atau putar picu (ingat ini kan sebuah keran air, yang cara membukanya memang seperti itu :-p ). Semakin spontan Anda membuka keran, maka laju proyektil bulat dari plastik tersebut akan semakin maksimal pula. Berdasar pengalaman kami tantangan berikutnya adalah mengarahkan proyektil ke sasaran dengan baik, karena tenaga yang diperlukan untuk membuka keran relatif lebih besar. Tenaga yang lebih besar dibandingkan menarik picu airsoft gun elektrik, spring maupun gas, tentu akan mempengaruhi akurasi tembakan. Namun justru di situlah seninya :-) Menembak sasaran menggunakan airsoft gun buatan sendiri dengan bahan sederhan namun dapat mengenai sasaran dengan akurat tentu memberikan sensasi dan kepuasan tersendiri.
  10. Share your story :-)

Selamat berkreasi! Bahan dapat dibeli dan alat dapat dipinjam, namun kreatifitas dan imajinasi datang dari Anda sendiri :-)

Salam...

Admin PVCairsoftgun
pvcairsoftgun@gmail.com


11 comments:

  1. Keren nih. Oia ada tutirialnya ga di yutube. Pengen buat tp msh blm kebayang nih cara buatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami belum membuat tutorial di Youtube, yang ada baru video test airsoft gun pipa PVC.
      http://www.youtube.com/watch?v=LgaXg_CWVEw

      Delete
    2. Atau baca artikel terbaru kami http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/07/panduan-ringkas-membuat-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  2. kalau beli berapa? bisa buat contoh untuk membuat sendiri. terima kasih

    ReplyDelete
  3. kalau tidak ada laras airsoft gun, bisa di ganti apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya asal berbentuk pipa dan berdiameter sesuai dengan ukuran BB airsoft maka dapat digunakan. Kami pernah menemukan sedotan plastik berdiameter 6 mm, dan bisa digunakan sebagai laras. Tentu saja tidak terlalu optimal, namun dapat digunakan untuk keperluan uji coba sebelum Anda memutuskan membeli laras airsoft.
      Selamat berkreasi dengan aman.
      Salam kreatif.

      Delete
  4. gan gunanya coakan di inner barrel itu ap yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di inner barrel airsoft ada coakan, biasanya di bagian pangkal untuk memasang karet 'hop up'. Mekanisme hop up membuat bola plastik (BB) airsoft terpelintir ke bagian atas belakang (spin) sehingga jangkauan totalnya lebih jauh. Pada dasarnya lintasan proyektil akan berbebtuk parabola, dan mekanisme hop up membuat 'keajaiban' dengan membuat lintasa BB agak melengkung sedikit ke atas, sehingga jangkauan bertambah. Salam kreatif. http://pvcairsoftgun.blogspot.com/2013/03/visir-airsoft-gun-pvc.html

      Delete
  5. mas kalau gk pke muzzle barel gpp kan?

    ReplyDelete

Ingin diskusi mengenai airsoft gun PVC? Mau berbagi pengalaman? Silakan menulis komentar atau email ke pvcairsoftgun@gmail.com